UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TUNANETRA DI MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

SETIAWAN, DEA FRIZAL (2020) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TUNANETRA DI MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_DEA FRIZAL SETIAWAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiawan, Dea Frizal. 2020. Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Tunanetra dalam Pembelajaran Daring Di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ayunda Riska Puspita M.Pd.

Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Rasa Percaya Diri, Siswa Tunanetra, Pembelajaran, E-leraning, Proses Pembelajaran E-learning, Kelamahan dan Manfaat E-learning, Penyampaian Materi E-learning.

MA Muhammadiyah 1 Ponorogo merupakan salah satu sekolah yang mempunyai siswa berkebutuhan khusus. Siswa yang berkebutuhan khusus mempunyai hak yang sama dengan siswa normal lainnya. Setiap manusia mempunyai hak untuk mendapatkan pendidian yang layak tanpa harus memandang status sosial, material, keadaan jasmani maupun rohani. Menurut UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 Pasal 32 Ayat 1 memberikan batasan bahwa pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, social, dan memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Siswa tunanetra dalam masyarakat umum masih dipandang sebagai beban sosial. Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo terdapat siswa tunanetra yang mengikuti proses belajar mengajar dengan siswa normal lainnya. Hal itu menjadi salah satu masalah yang dihadapi siswa tunanetra dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mendiskripsikan rasa percaya diri siswa tunanetra dalam pembelajaran daring di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo, 2). Untuk mendiskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa tunanetra dalam pembelajaran daring di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo, 3). Untuk mendiskripsikan kendala guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa tunanetra dalam pembelajaran daring di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah kata-kata, tindakan, dan tambahan seperti dokumen dan lainnya, yang difokuskan di tujuan penelitian. Teknik pengumpulan datanya adalah wawncara, observasi dan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari data hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan bahan lain, untuk kemudian direduksi, disajikan dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.
Dari analisis data diperoleh hasil 1). Rasa percaya diri siswa tunanetra yaitu dikembangkan melalui kebiasaan-kebiasaan dalam pembelajaran, 2). upaya guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa tunanetra dalam pembelajaran daring, 3). Kendala guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa tunanetra adalah emosi yang terkadang tidak stabil dan jarak dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:14
Last Modified: 09 Dec 2020 15:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item