Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Akhlak Li al-Banin Karya 'Umar bin Ahmad Baraja' dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII

Fitriyani, Erin (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Akhlak Li al-Banin Karya 'Umar bin Ahmad Baraja' dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERIN FITRIYANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fitriyani. Erin, 2020. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Akhla>q Li Al-Bani>n Karya ‘Umar bin Ah}mad Ba>raja>’ dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Akhlak, Al-Akhla>q Li Al-Bani>n dan Akidah Akhlak

Salah satu usaha untuk menanamkan pendidikan akhlak kepada siswa di sekolah adalah melalui pembelajaran Akidah Akhlak. Sumber belajar yang banyak digunakan oleh mayoritas guru Akidah Akhlak adalah buku paket Akidah Akhlak pendekatan saintifik kurikulum 2013 katalog dalam terbitan Kementrian Agama Indonesia tahun 2015 tidak terkecuali pada kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah, namun penggunaan sumber belajar yang sering digunakan adalah buku paket dan LKS (Lembar Kerja Siswa), padahal masih banyak sumber lain yang bisa dijadikan sebagai tambahan referensi sehingga akan mengembangkan keluasan pemaham peserta didik. Peneliti mengambil kitab Al-Akhla>q Li al-Bani>n karya ‘Umar bin Ah}mad Ba>raja>’yang merupakan salah satu kitab tentang akhlak, untuk itu peneliti mencoba merelevansikan kedua hal tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Kandungan pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhla>q Li al-Bani>n karya ‘Umar bin Ah}mad Ba>raja>’ (2) Relevansi pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhla>q Li al-Bani>n karya ‘Umar bin Ah}mad Ba>raja>’ dengan materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah kelas VIII.

Metode penelitian yang digunakan dalam analisis data ini ialah menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik pengumpulan data berupa teknik dokumenter. Sedangkan dalam teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ialah analisis isi (content analysis) yang dapat dilakukan terhadap buku-buku teks, baik yang bersifat teoritis dan empiris.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Al-Akhla>q Li al-Bani>n diantaranya nilai akhlak kepada Allah Swt dan rasulullah, nilai akhlak kepada manusia, nilai akhlak kepada alam semesta (2) Relevansi antara pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhla>q Li al-Bani>n karya ‘Umar bin Ah}mad Ba>raja>’ dengan materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah kelas VIII diantaranya Materi Pendidikan akhlak khususnya tentang akhlak kepada Allah dan Rasul yang diajarkan di Madrasah Tsanawiyah kelas VIII sejalan dengan yang diajarkan dalam kitab Al-Akhla>q Li al-Bani>n dan Akhlak kepada manusia yang diajarkan di Madrasah Tsanawiyah kelas VIII melalui mata pelajaran Akidah Akhlak sudah sesuai dengan yang sejalan dan dalam kitab Al-Akhla>q Li al-Bani>n.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:04
Last Modified: 09 Dec 2020 15:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item View Item