PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM PEMECAHAN SOAL PERKALIAN KELAS II MI MA’ARIF NGRUPIT JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020

Affandi, Zainur Rochmah (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM PEMECAHAN SOAL PERKALIAN KELAS II MI MA’ARIF NGRUPIT JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616140 ZAINUR ROCHMAH AFFANDI upload.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Affandi, Zainur Rochmah. 2020. Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung dalam Pemecahan Soal Perkalian Kelas II MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata kunci :Metode Jarimatika, Kemampuan Berhitung.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dikelas masih rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas II MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 yang masih terpusat pada guru. Pembelajaran matematika adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Setelah pembelajaran matematika selesai, dilakukan evaluasi belajar dengan memberikan sebuah soal tes. Mayoritas siswa merasa kesusahan ketika mengerjakannya. Dikarenakan banyaknya kendala dalam proses perhitungan dan pada umumnya metode menghafal yang digunakan masih kurang tepat tepat mengatasi masalah tersebut, maka dalam penelitian ini menggunakan metode jarimatika dengan alasan lebih mudah dan lebih cepat digunakan dalam melakukan perhitungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung siswa kelas II MIMa’arif Ngrupit Jenangan Ponorogotahun ajaran 2019/2020 dalam pemecahan soal perkalian dengan menggunakan metode jarimatika. (2) Untuk mengetahui kemampuan berhitung siswa kelas II MIMa’arif Ngrupit Jenangan Ponorogotahun ajaran 2019/2020 dalam pemecahan soal perkalian dengan tidak menggunakan metode jarimatika. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II MIMa’arif Ngrupit Jenangan Ponorogotahun ajaran 2019/2020 dalam pemecahan soal.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian desain eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah sampel populasi instrumen pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Analisis dalam hasil penelitian ini menggunakan uji T. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas II MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 52 siswa.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode jarimatika berpengaruh terhadap kemampuan berhitung dalam pemecahan soal perkalian siswa di kelas II MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo dengan nilai signifikasi <0,05. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan metode jarimatika yaitu sebesar 78,46. Sedangkan kelas kontrol atau kelas yang tidak menggunakan metode jarimatika yaitu sebesar 63,08. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikasi 5% maka nilai ttabel = 2.506 dan karena nilai t0 = 5.904 maka dapat dinyatakan bahwa t0 > ttabel 5.904 > 2.506 sehingga H0 tidak diterima dan Ha diterima. Dan ditulis hipotesis yaitu Ha : (ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung dalam pemecahan soal perkalian yang menggunakan metode jarimatika dengan yang tidak menggunakan metode jarimatika kelas II MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SOFWAN HADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 14:59
Last Modified: 09 Dec 2020 14:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12119

Actions (login required)

View Item View Item