Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 dI MIN 2 Madiun Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021

Azizah, Laela Khonaatul (2020) Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 dI MIN 2 Madiun Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616123_LAELA KHONAATUL AZIZAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Azizah, Laela Khonaatul, 2020. Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 02 Madiun Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.

Kata kunci: Peran orang tua, keaktifan belajar, masa pandemi covid-19.

Pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya dalam memutus rantai penyebaran virus covid-19 diantaranya dengan menerapkan social and physical distancing. Hal ini berakibat pada pembatasan berbagai aktivitas termasuk diantaranya sekolah. Kemendikbud melalui Surat Edaran No 4 tahun 2020 mengeluarkan kebijakan untuk melaksanakan kegiatan Belajar dari Rumah. Dalam kegiatan Belajar dari Rumah ini guru mencoba untuk memanfaatkan teknologi dan informasi dengan menggunakan aplikasi seperti whatsapp, zoom, dan google classroom. Dikarenakan proses pembelajaran ini dilaksanakan di rumah maka muncullah peran lain dari orang tua yaitu membantu terlaksananya kegiatan Belajar dari Rumah selama masa pandemi covid-19 ini. Peran orang tua ini berhubungan dengan peran orang tua sebagai pendidik sehingga anak tetap aktif belajar walaupun kegiatan belajarnya dilaksanakan dari rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar peran orang tua dalam proses pembelajaran Belajar dari Rumah pada masa pandemi covid-19 siswa kelas IV di MIN 02 Madiun, (2) seberapa besar keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Belajar dari Rumah pada masa pandemi covid-19 siswa kelas IV di MIN 02 Madiun, dan (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Belajar dari Rumah pada masa pandemi covid-19 siswa kelas IV di MIN 02 Madiun.
Dalam mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto, dan pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dan dokumentasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling yaitu sebanyak 95 responden orang tua dari siswa. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tingkat peran orang tua sebagai pendidik dalam kegiatan Belajar dari Rumah pada masa pandemi covid-19 di MIN 2 Madiun termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan frekuensi siswa yang memperoleh peran orang tua sebagai pendidik dalam kegiatan Belajar dari Rumah pada masa pandemi covid-19 sebanyak 57 siswa dengan persentase sebesar 60% dari 95 responden. (2) Tingkat keaktifan belajar siswa dalam kegiatan Belajar dari Rumah pada masa pandemi covid-19 di MIN 2 Madiun termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan frekuensi siswa yang memiliki keaktifan belajar sebanyak 63 siswa dengan persentase sebesar 66,31% dari 95 responden. (3) Terdapat pengaruh peran orang tua terhadap keaktifan belajar siswa di MIN 2 Madiun. Peran orang tua sebagai pendidik dalam kegiatan Belajar dari Rumah pada masa pandemi covid-19 berpengaruh sebesar 46% terhadap keaktifan belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MIN 2 Madiun, sedangkan 54% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 14:54
Last Modified: 09 Dec 2020 14:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12117

Actions (login required)

View Item View Item