Upaya Guru Dalam Meningkat Karakter Komunikatif Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Mohadharah Di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020

Thohari, Mahfudh Latif (2020) Upaya Guru Dalam Meningkat Karakter Komunikatif Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Mohadharah Di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Perpustakaan.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Thohari. Mahfud Latif, 2020. Upaya Guru dalam Meningkatkan Karakter Komunikatif Siswa Melalui Kegiatan Eksrakurikuler Muhadharah di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Upaya Guru, Karakter Komunikatif, dan Eksrakurikuler Muhadharah.

Berbagai permasalahan siswa yang ada di MTs Nurul Mujtahidin. Siswa masih kurang percaya diri dan kurang trampil berbiacara ditempat umum dan kurang menghargai orang yang mengajardi depan kelas dan berbagai permasalahan lainya. Selain itu guru kurang peduli dengan keadan siswanya.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui upaya guru dalam kegiatan komunikatif ekstrakulikuler Muhadhoroh siswa MTs Nurul Mujtahidin di Desa Mlarak, kecamatan Mlarak, kabupaten Ponorogo, (2) untuk mengetahui peran ekstrakulikuler dalam meningkatkan karakter komunikatif siswa di MTs Nurul Mujtahidin di Desa Mlarak, kecamatan Mlarak, kabupaten Ponorogo, dan

(3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan karakter komunikatif siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler Muhadhoroh siswa MTs Nurul Mujtahidin di Desa Mlarak, kecamatan Mlarak, kabupaten Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan riset lapangan. Dengan teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan mengenai teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, pemeriksaan melalui diskusi, pemanfaatan bahan referensi, dan dengan mengadakan pengecekan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) upaya guru dalam meningkatkan karakter komunikatif siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler Muhadhoroh ini bertujuan untuk membentukan dan meningkatkan karakter komunikatif siswa. Dengan adanya kegiatan muhadhoroh ini diharapkan karakter komunikatif siswa dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. (2) peran ekstrakulikuler Muhadhoroh sebagai jembatan yang digunakan untuk meningkatkan karakter komunikatif siswa berkiprah dimasyarakat. Kegiatan muhadhoroh dapat membantu mengembangkan interaksi antar siswa satu dengan yang lain. (3) faktor pendukung kegiatan muhadhoroh, kelengkapan sarana dalam kegiatan muhadharah. Selain fasilitas guru yang juga berperan sebagai pembimbing juga dapat mengarahkan siswanya untuk terus berlatih dan memotivasi siswanya. Dan faktor penghambatnya anak usia MTs yang masih labil, kurang bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu hal karena menginjak masa remaja mereka. Hal tersebut menjadi penghambat dalam upaya meningkatkan karaktersitk siswa melalui ekstrakurikuler Muhadhoroh yang seharusnya dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 14:52
Last Modified: 09 Dec 2020 14:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12116

Actions (login required)

View Item View Item