PENGARUH REINFORCEMENT GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF PANJENG PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020

Fatmasari, Siti (2020) PENGARUH REINFORCEMENT GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF PANJENG PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616198_SITI FATMASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatmasari, Siti. 2020. Pengaruh Reinforcement Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Ma’arif Panjeng Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Miftahul Choiri, M.A
Kata Kunci: Penguatan Guru (Reinforcement), Motivasi Belajar.
Reinforcement adalah cara guru untuk merespon secara positif terhadap tingkah laku tertentu siswa, agar tingkah laku yang baik tersebut dapat terulang kembali atau menjadi lebih baik lagi. reinforcement penting untuk menguatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Panjeng Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 karena akan meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Motivasi belajar merupakan salah satu hal yang penting dalam belajar. Sebagai daya penggerak dari dalam diri individu untuk melakukan kegiatan belajar, untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan serta pengalaman sehingga siswa sungguh-sungguh untuk belajar dan termotivasi untuk mencapai prestasi.
Penelitian ini bertujuan : 1)Untuk mengetahui reinforcement guru di MI Ma’arif Panjeng Ponorogo.2)Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di MI Ma’arif Panjeng Ponorogo.3)Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa di MI Ma’arif Panjeng Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex-postfacto dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas V di MI Ma’arif Panjeng Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 2 (dua) kelas (Ar-Rahman dan Ar-Rahim) dengan siswa berjumlah 47 orang. penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling (adalah sebuah teknik sampling yang tidak memperhatikan banyak variabel dalam penarikan sampel), khususnya Purposive Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu (sesuai kebutuhan peneliti). Adapun sampel penelitian ini adalah kelas Ar-Rahman dengan siswa sejumlah 24 orang dimana kelas yang pertama lebih unggul dibandingkan kelas yang kedua.. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket/kuesioner (skala cek list). Teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dengan melakukan uji deskriptif, maka dapat disimpulkan : 1) Reinforcement guru di kelas V MI Ma’arif Panjeng Ponnorogo tahun pelajaran 2019/2020 dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu : tinggi, sedang, dan rendah. dalam kategori tinggi terdapat 6 siswa dengan persentase 25 %, kategori sedang terdapat 14 siswa dengan persentase 58,3%, dan kategori rendah terdapat 4 siswa dengan persentase 16,7%. Diambil kesimpulan reinforcement guru termasuk kategori sedang dengan jumlah persentase 58,3 %, hal tersebut menunjukkan bahwa reinforcement guru berada di atas kategori rendah. Sehingga, dapat mendukung perkembangan motivasi belajar siswa ke arah yang baik atau positif. 2) Motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Panjeng tahun pelajaran 2019/2020 dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi 3, yaitu pujian, hadiah, dan angka/nilai. dalam kategori memberikan pujian terdapat 9 siswa dengan persentase 37,5%, kategori memberikan hadiah 1 siswa dengan persentase 4,1 %, dan kategori memberikan angka/nilai 14 siswa dengan persentase 58,3 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa Motivasi Belajar sangat mendukung siswa menuju ke arah yang baik atau positif. Motivasi pemberian nilai/angka diterapkan mampu membentuk banyak siswa yang belajar untuk mencapai angka-angka yang baik. Sehingga yang dikejar siswa dan dicapai dalam ujian adalah nilai yang baik pada raport mereka. Angka yang baik itu bagi para siswa adalah sebagai motivasi yang sangat kuat. 3) Reinforcement guru memiliki pengaruh yang signifikan teradap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Panjeng Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,001 yang berarti bahwa nilai signifikansi (Sig.) tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara Reinforcement Guru (X) dan Motivasi Belajar (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moch.Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 14:51
Last Modified: 09 Dec 2020 14:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item