Tinjauan Qard Terhadap Praktik Arisan Online Produk Al-Qolam Di Reseller Al-Ahla Jombang

Wardani, Yulia ayu (2020) Tinjauan Qard Terhadap Praktik Arisan Online Produk Al-Qolam Di Reseller Al-Ahla Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIA AYU WARDANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wardani, Yulia Ayu, 2020. Tinjauan Qard} terhadap Praktik Arisan Online Produk Al-Qolam di Reseller Al-Ahla Jombang. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.

Kata kunci/keyword: Tinjauan Qard}, Praktik Arisan Online

Hukum arisan dalam hukum Islam adalah mubah karena termasuk akad utang piutang atau yang disebut dalam fiqh dengan istilah qard}. Orang yang mendapatkan arisan pada giliran pertama bermakna berutang kepada anggota arisan lain. Dalam konsep qard} menurut mayoritas ulama hutang itu tidak boleh ditangguhkan dan para ulama juga sepakat bahwa wajib hukumnya bagi peminjam untuk mengembalikan harta semisal. Arisan online produk Al-Qolam merupakan arisan barang dan setiap anggota bisa berbeda dalam memilih barang yang diinginkan. Dalam pembayarannya ada anggota yang telat membayar sehingga penerimaan barang molor. Dan pada praktik penggantian barang ada anggota yang tidak mau membayar sisa kekurangan yang menyebabkan kerugian pada anggota yang lainnya. Hal tersebut menjadi kegelisahan penulis sehingga melakukan penelitian ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan qard} terhadap praktik pembayaran arisan online produk Al-Qolam di reseller Al-Ahla Jombang ? (2) Bagaimana tinjauan qard} terhadap praktik penggantian barang arisan online produk Al-Qolam di reseller Al-Ahla Jombang ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokmentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang diberikan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tinjauan qard} terhadap praktik pembayaran arisan online produk Al-Qolam di reseller Al-Ahla Jombang, ada yang sudah sesuai dengan Hukum Islam dan ada yang belum sesuai. Dikatakan sudah sesuai karena anggota arisan membayar dengan rutin dan ini sesuai dengan pendapat mayoritas ulama fiqh yang mengatakan bahwa hutang itu tanpa penangguhan. Anggota yang telat membayar dikatakan belum sesuai dengan Hukum Islam karena mayoritas ulama fiqh tidak memperbolehkan adanya penangguhan hutang. Akan tetapi Imam Ma>liki membolehkan penundaan pembayaran, jika ada anggota arisan yang minta waktu penundaan hal itu diperbolehkan dan admin tidak boleh menagih sebelum waktunya tiba. Sedangkan penggantian barang di reseller Al-Ahla ada yang sudah sesuai Hukum Islam dan ada yang belum sesuai. Yang mau membayar kekurangan dianggap sudah sesuai karena para ulama mewajibkan mengembalikan harta semisal. Dan belum sesuai karena anggota ada yang tidak membayar kekurangan dan itu bertentangan dengan para ulama yang mewajibkan mengembalikan dengan harta semisal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 14:48
Last Modified: 09 Dec 2020 14:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item