Pesan Dakwah Dalam Film Pendek Ayat Tentang Cinta Pada Channel Youtube Film Maker Muslim (Analisis Wacana Van Dijk)

Cahyani, Erda Dwi (2020) Pesan Dakwah Dalam Film Pendek Ayat Tentang Cinta Pada Channel Youtube Film Maker Muslim (Analisis Wacana Van Dijk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERDA ethis watwrererer.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju dan terus berkembang. Media untuk berdakwah juga semakin berkembang sehingga memudahkan para pendakwah untuk menyampaikan pesan dakwah. salah satunya media masa yang saat ini digemari oleh masyarakat dan banyak digunakan untuk berdakwah adalah film.Film merupakan media yang ampuh untuk mrnyampaikan pendidikan. Film sendiri dibagi menjadi dua yaitu film pendek dan film panjang. Untuk saat ini banyak sekali film pendek yang digunakan untuk menyambaikan dakwah, salah satunya yaitu film pensek Ayat Tentang Cinta karya film maker muslim yang menceritakan tentan kisah cinta Anwar, Haydar, dan Fatimah. Namun di dalam film tersebut tidak hanya terdapat tentang cinta tetapi juga ada pesan dakwah yang ingin disampaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang analisis struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro dalam film pendek ayat tentang cinta dengan menggunakan analisis Van Dijk. Serta bagaimana isi pesan dakwah yang ada didalamnya. Metode penelitian yang akan digunakan adalah analisis wacana yang bersifat deskriptif kualitatif. Sesuai dengan model Van Dijk, analisis wacana yang digunakan memiliki tiga stuktur yaitu makro, superstrukyur, dan mikro.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) analisis struktur makro dalam film tersebut Tentang keimanan, tentang kepasrahan/ikhtiar, dan tentang akhlak. 2) superstruktur : pembuka, isi, dan penutup yang di dalamnya terdapat tentang keimanan, husnudzan, dan larangan merendahkan orang lain. 3) struktur mikro yang terdapat pada film Ayat Tentang Cinta menggunakan dialog yang mudah untuk dipahami oleh khalayak. Dan pesan yang terdapat didalamnya yaitu tentang larangan memiliki sifat sombong. Isi dakwah yang terdapat dalam film tersebut yaitu tentang ibadah, keimanan, husnudzan, larangan merendahkan orang lain, sifat sombong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:04
Last Modified: 08 Dec 2020 06:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12099

Actions (login required)

View Item View Item