Pengajian Kitab Kifa>Yat Al-Atqiya>’ Dalam Meningkatkan Sikap Qona’ah Santri Di Pesantren Mahasiswa Nurussalam Sekaran Siman Ponorogo

Aviv, Muhammad Amirudin (2020) Pengajian Kitab Kifa>Yat Al-Atqiya>’ Dalam Meningkatkan Sikap Qona’ah Santri Di Pesantren Mahasiswa Nurussalam Sekaran Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Etheses 210316377 Muhammad Amirudin Aviv.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aviv,Muhammad Amirudin . 2020. Pengajian Kitab Kifa>Yat Al-Atqiya>’ dalam Meningkatkan Sikap Qona’ah, Santri di Pesantren Mahasiswa Nurussalam Sekaran Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, Ph.D.

Kata Kunci : Sikap Qona’ah, Santri, Pesantren Mahasiswa
Sikap Qona’ah adalah sikap yang diwariskan oleh para nabi dan para wali, sikap tersebut merupakan salah satu dari beberapa sifat mulia yang yang harus dimiliki oleh para santri sebagai bagian dari ajaran tasawuf. Tetapi, seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi sikap Qona’ah seakan mulai lenyap dari karakter santri pada umumnya. Menyikapi fenomena ini Pesantren mahasiswa Nurussalam mengajarkan kitab Kifa>yat al-Atqiya>’ yang membahas ilmu tasawuf. Kitab ini dikaji dengan tujuan meningkatkan sikap Qona’ah dalam diri para santri agar seluruh santri terbiasa hidup sederhana dan apa adanya.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini memunculkan rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pengajian kitab Kifa>yat al-Atqiya>’ untuk meningkatkan sikap Qona’ah santri di Pesantren Mahasiswa Nurussalam Sekaran Siman Ponorogo? (2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pengajian kitab Kifa>yat al-Atqiya>’ untuk meningkatkan sikap Qona’ah santri di Pesantren Mahasiswa Nurussalam Sekaran Siman Ponorogo? (3) Bagaimana dampak pengajian kitab Kifa>yat al-Atqiya>’ pada sikap Qona’ah santri di Pesantren Mahasiswa Nurussalam Sekaran Siman Ponorogo?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pengajian kitab Kifa>yat al-Atqiya>’ adalah setiap hari kecuali bila ada acara lain yang waktunya bersamaan. Pengajian kitab Kifa>yat al-Atqiya>’ dilakukan pengasuh pesantren mahasiswa untuk meningkatkan sikap Qona’ah dalam diri santri yang mana di dalamnya membahas tentang ilmu Tasawuf, dalam ilmu tasawuf terdapat beberapa sikap yang harus dimiliki seorang mukmin sejati, salah satunya adalah sikap Qona’ah. (2) Sedangkan hambatan yang dihadapi oleh pesantren Mahasiswa Nurussalam dalam melaksanakan pengajian kitab Kifa>yat al-Atqiya>’ untuk meningkatkan sikap Qona’ah santri adalah motivasi belajar santri yang tidak menentu dikarenakan lelah menjalani aktifitas perkuliahan dan kegiatannya sehari-hari (3) Dampak pengajian kitab Kifa>yat al-Atqiya>’ adalah santri terbiasa menerapkan sikap Qona’ah dalam kehidupan sehari-harinya, baik di dalam maupun di luar pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:48
Last Modified: 08 Dec 2020 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12096

Actions (login required)

View Item View Item