pengendalian diri remaja melalui kegiatan pencak silat MTsN 6 Ponorogo

kusworo, hamid mahendrat pengendalian diri remaja melalui kegiatan pencak silat MTsN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
e thesis-dikonversi.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mahendrat Kusworo, Hamid.2020. Peningkatan Pengendalian Diri Remaja Melalui Kegiatan Pencak Silat Siswa MTsN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M.Ag.

Kata kunci: Pengendalian Diri, Pencak Silat.

Pengendalian diri merupakan kontrol diri terhadap kejadian yang telah dialami secara langsung dan tidak langsung. Pengendaian diri secara langsung biasanya terjadi pada apa yang dilihat dan apa yang dirasakan. Sedangkan secara tidak langsung bisa melalui kabar dari orang lain, sosial media, dan berbagai informai dari manapun. Banyak bentuk sikap pengendalian diri yang terjadi ketika mengalami suatu kejadian. Ada yang marah, ada yang menangis, ada yang histeris bahkan ada pula yang pingsan. Maka dari itu pengendalian diri dinilai sangat penting bagi kehidupan dan bermasyarakat.
Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui bentuk pengendalian diri pada pencak silat. Kedua, untuk mengetahui bentuk peningkatan pengendalian diri siswa MTsN 6 Ponorogo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana pengendalian diri remaja yang mengikuti kegiatan pencak silat. Kedua, Bagaimana bentuk-bentuk peningkatan pengendalian diri remaja melalui kegiatan pencak silat di MTsN 6 Ponorogo. Untuk menjawab permasalah terebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mendapatkan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwah bentuk peningkatan pengendalian diri siswa MTsN 6 Ponorogo sesuai dengan teori yang dipaparkan peneliti. pertama,mampu mengendalikan emosi. Kedua, Mampu beradaptasi, penyesuaian ini dapat berarti mengubah diri pribadi sesuai dengan keadaan lingkungan. Siswa yang mengikuti pencak silat dapat menyesuaikan diri dimana ia berada. Ketiga, Prestasi yang didapatkan pada pencak silat akan mengembangkan kreatiftas siswa. Melalui permasalahan yang dihadapi otomatis akan membuat siswa berfikir untuk menemukan jalan keluarnya. Kretaifitas siswa akan membuat suasana menjadi nyaman dan kondusif.
Terjadi peningkatan pengendalian diri pada siswa yang mengikuti kegiatan pencak silat. Hal ini terjadi melalui pengalaman dan pembelajaran ketika mengikuti kegiatan pencak silat. Seperti mampu bersosialisai, lebih menghormati orang tua/orang dewasa, peka terhadap lingkungan, dan memiliki kepribadian yang lebih dewasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:45
Last Modified: 08 Dec 2020 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item