peran pembimbing penyuluhan islam dalam rehabilitasi sosial keagamaan pada dewasa terlantar studi kasus di unit rehabilitasi sosial bina karya madiun di ponorogo

hilmy, farah nadiyah (2020) peran pembimbing penyuluhan islam dalam rehabilitasi sosial keagamaan pada dewasa terlantar studi kasus di unit rehabilitasi sosial bina karya madiun di ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hilmy, Farah Nadiyah. 2020. Peran Pembimbing Penyuluhan Islam Dalam Rehabilitasi Sosial Keagamaan Pada Dewasa Terlantar (Studi Kasus di Unit Rehabilitasi Sosial Bina Karya Madiun di Ponorogo). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing:Muhammad Nurdin, M. Ag.
Kata Kunci: Peran Pembimbing Penyuluhan Islam, Dewasa Terlantar, Rehabilitasi Sosial Keagamaan
Setiap manusia yang lahir pasti mengalami fase dewasa. Pada masa dewasa ini banyak sekali tugas yang harus dikembangkan. Maka tidak jarang ditemukannya beberapa permasalahan yang dihadapi oleh orang-orang dewasa. Akibatnya ketika orang dewasa tidak mampu menjalankan peran ataupun tugasnya tidak sedikit dari mereka memilih hidup menelantar ataupun menggelandang. Hal ini juga didasari karena kurangnya keagamaan yang ada pada dirinya. Untuk itu perlu adanya upaya yang strategis dalam manangani permasalahan tersebut, baik dari pihak masyarakat, keluarga, pemerintah maupun lembaga non pemerintah yang bergerak di bidang penanganan masalah sosial. Maka peran penyuluh disini sangat dibutuhkan dalam menangani masalah tersebut. Kemudian unit rehabilitasi sosial bina karya Madiun di Ponorogo juga bekerja sama dengan penyuluh di kementerian agama negeri Ponorogo dalam rehabilitasi sosial keagamaan. Dimana tugas penyuluh adalah melakukan dan mengembangkan kegiatan bimbingan atau penyuluhan serta pembangunan melalui bahasa agama lalu juga memberikan konsultasi arahan dalam meningkatkan ketaqwaan dan kerukunan umat beragama.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) upaya pembimbing penyuluhan Islam dalam penyelesaian masalah dewasa terlantar di Unit Rehabilitasi Sosial Bina Karya Madiun di Ponorogo (2) metode bimbingan penyuluhan Islam dalam memenuhi kebutuhan dewasa terlantar di Unit Rehabilitasi Sosial Bina Karya Madiun di Ponorogo
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan pembimbing penyuluhan islam dalam penyelesaian masalah dewasa terlantar menurut dilapangan yaitu perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi. (2) metode bimbingan penyuluhan Islam dalam memenuhi kebutuhan dewasa terlantar menurut dilapangan yaitu ceramah, dialog dan tanya jawab, konsultasi, talaqqi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMMAD NURDIN
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:48
Last Modified: 08 Dec 2020 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12087

Actions (login required)

View Item View Item