Implementasi Kegiatan Shalat Berjamaah Dalam Menanamkan Karakter Religius Bagi Siswa di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun 2019/2020

Istiwadah, Wening (2020) Implementasi Kegiatan Shalat Berjamaah Dalam Menanamkan Karakter Religius Bagi Siswa di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WENING ISTIWADAH PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Istiwadah, Wening. 2020. Implementasi Kegiatan Shalat Berjamaah Dalam Menanamkan Karakter Religius Bagi Siswa di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kata Kunci: Shalat Berjamaah, Karakter
Shalat merupakan ibadah yang istimewa dalam agama islam, baik dilihat dari perintah yang diterima oleh Nabi Muhammad secara langsung dari Tuhan maupun dimensi-dimensi yang lain. Shalat menurut bahasa arab bearti berdoa. Penelitian mengenai kegiatan shalat berjamaah dalam menanamkan karakter religius siswa sangat penting untuk dikaji karena untuk mengetahui bagaimana karakter yang dimiliki oleh siswa dan untuk memberikan kemajuan perkembangan pendidikan agama Islam melalui kegiatan keagamaan. Maka dari itu SMPN 1 Jenangan Ponorogo membentuk kegiatan-kegiatan yang mampu menanamkan karakter religius dalam diri siswa salah satunya melalui shalat berjamaah.
Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik mengambil judul penelitian “Implementasi Kegiatan Shalat Berjamaah Dalam Menanamkan Karakter Religius Bagi Siswa di Smpn 1 Jenangan Ponorogo” dengan tujuan (1) untuk menjelaskan bagaimana persiapan pelaksanaan kegiatan shalat berjamaah dalam memnanamkan karakter religius bagi siswa di SMPN 1 Jenangan, (2) untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan kegiatan sholat berjamaah dalam menanamkan karakter religius bagi siswa di SMPN 1 Jenangan, (3) untuk menjelaskan bagaimana hasil kegiatan shalat berjamaah bagi karakter religius siswa di SMPN 1 Jenangan.
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu study kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SMPN 1 Jenangan Ponorogo dapat ditarik kesimpulan bahwa:1) musyawarah bersama kepala sekolah dan guru lainnya untuk menetapkan kegiatan shalat berjamaah, menyusun kegiatan shalat berjamaah, menyepakati shalat dzuhur, dhuha, dan shalat jumat dikerjakan dengan berjamaah, membuat jadwal imam dan jadwal khotib shalat jumat agar kegiatan shalat berjamaah dapat berjalan dengan baik dan terstruktur. 2) kegiatan shalat dzuhur, shalat dhuha, shalat jumat dikerjakan dengan berjamaah. shalat dzuhur dibagi menjadi 2 sift, shalat dhuha dikerjakan bersama-sama pada hari jumat pagi, dan shalat jumat dikerjakan oleh siswa dan guru laki-laki, untuk perempuan berada di kelas membaca juz ‘amma didampingi oleh guru perempuan. yang mengikuti kegiatan shalat berjamaah semua siswa dan semua guru di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Karena diharapkan guru memberikan contoh yang baik bagi siswanya dan terjalin keakraban antara siswa dengan siswa, guru dengan guru dan juga guru dengan siswa. 3) Siswa shalat berjamaah dzuhur, dhuha, dan jumat dengan tepat waktu, siswa mengantri ketika berwudhu, siswa berani ditunjuk menjadi muadzin, siswa membaca al-quran yang sudah disediakan di dalam masjid dan di kelas membaca juz ‘amma bersama-sama, siswa berjabat tangan dengan guru dan temannya setelah selesai shalat berjamaah, siswa mengakui ketika guru bertanya siapa yang tidak shalat shubuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Efendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:21
Last Modified: 08 Dec 2020 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item