(SILAKAN UPLOAD FILE SKRIPSI..BUKAN ARTIKEL JURNAL)..relasi pandemi, iklim bumi dan pandangan teks suci

al fadli, aruny hayya (2020) (SILAKAN UPLOAD FILE SKRIPSI..BUKAN ARTIKEL JURNAL)..relasi pandemi, iklim bumi dan pandangan teks suci. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Aruny Hayya Al Fadli - 210416032 - Relasi Pandemi, Iklim Bumi & Pandangan Teks Suci.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mencoba memaparkan jejak kemunculan Covid-19 yang kini menjadi pandemi, dengan menitik beratkan pembahasan pada rusaknya ekosistem sebagai tempat tinggal satwa liar yang menjadi inang bagi virus. Krisis ekologi menjadi gerbang utama awal mula perubahan yang drastis terhadap iklim bumi. Penulis menggunakan metode komparasi antara teks-teks suci dengan studi-studi ilmiah mutakhir terkait kemunculan Covid-19. Penulis berusaha menyajikan prinsip-prinsip yang terkandung dalam ayat-ayat al-Quran sebagai upaya turut andil menghubungkan realitas saat ini sekaligus menyampaikan pesan-pesan dan peran al-Quran dalam menghadapi pandemi.
Dengan menjawab beberapa poin penting tentang bagaimana Covid-19 menjadi pandemi dan hubungannya dengan iklim bumi; apa pandangan al-Quran terhadap iklim bumi; dan bagaimana peran al-Quran dalam menanggulangi wabah saat ini; penulis mendapati bahwa iklim bumi adalah penyebab utama munculnya Covid-19 yang menjadi pandemi. Al-Quran sendiri menjelaskan pentingnya menjaga kelestarian sekaligus keseimbangan ekosistem guna mengantisipasi kerusakan-kerusakan yang bersebab ulah tangan manusia sendiri. Al-Quran dengan tegas menganjurkan umat manusia memerhatikan iklim bumi dengan memelihara dan melestarikan potensi-potensi keseimbangan alam, sehingga pandemi saat ini usai dengan kembalinya virus-virus ke alamnya dan tidak lagi menginvasi kehidupan manusia saat krisis ekologi perlahan teratasi.
Kata kunci: iklim bumi, krisis ekologi; pandemi; teks suci.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:01
Last Modified: 08 Dec 2020 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item