Pengaruh Peran Dewan Pengawas Syariah Dan Label Syariah Terhadap Minat Nasabah Melakukan Pembiayaan Murabahah Di Bank BRI Syariah Ngawi

Lestari, Anik (2020) Pengaruh Peran Dewan Pengawas Syariah Dan Label Syariah Terhadap Minat Nasabah Melakukan Pembiayaan Murabahah Di Bank BRI Syariah Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANIK LESTARI_NASKAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lestari, Anik. 2020. Pengaruh Peran Dewan Pengawas Syariah dan Lebel Syariah terhadap Minat Nasabah Melakukan Pembiayaan Murabahah di Bank BRI Syariah Ngawi. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Moh. Munir, Lc, M.Ag.

Kata Kunci: Peran DPS, Lebel Syariah, Minat Nasabah

Minat merupakan salah satu aspek psikologis yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap perilaku dan minat juga merupakan sumber motivasi yang akan mengarahkan seseorang dalam melakukan apa yang mereka lakukan. Faktor yang mempengaruhi minat nasabah adalah Peran DPS dan lebel syariah. DPS mempunyai peran penting terhadap implementasi bank syariah yang sesuai dengan ketentuan syariah. Pengertian Halal/lebel syariah menurut Departemen Agamaadalah: “tidak mengandung unsur atau bahkan haram atau dilarang untuk dikonsumsi umat Islam.”
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah peran Dewan Pengawas Syariah berpengaruh terhadap minat nasabah melakukan pembiayaan murabahah di Bank BRISyariah Ngawi? (2) Apakah lebel syariah berpengaruh terhadap minat nasabah melakukan pembiayaan murabahah di Bank BRI Syariah Ngawi? (3) Apakah peran Dewan Pengawas Syariah dan lebel syariah berpengaruh terhadap minat nasabah melakukan pembiayaan murabahah di Bank BRI Syariah Ngawi?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket/kuisioner. Sampel penelitian ini sebanyak 82 responden yang diperoleh dari perhitungan dengan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2 menggunakan analisis regresi linier sederhana, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah ke 3 menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) secara parsial peran DPS berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,001 < nilai signifikansi 0,05. Adapun pengaruh peran DPS terhadap minat nasabah sebesar 12,4% dan sisanya 87,6% dipengaruhi faktor lain. (2) Secara parsial lebel syariah berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,000 < nilai signifikansi 0,05. Adapun pengaruh lebel syariah terhadap minat nasabah sebesar 42,5% dan sisanya 57,5% dipengaruhi faktor lain. (3) Secara simultan peran DPS dan Lebel Syariah berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat nasabah melakukan pembiayaan murabahah, yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,000 < nilai signifikansi 0,05. Adapun pengaruh kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi minat nasabah melakukan pembiayaan murabahah sebesar 49,4%, sedangkan sisanya sebesar 50,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MOH.Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:50
Last Modified: 08 Dec 2020 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item