kecemasan mahasiswa bimbingan penyuluhan islam dalam menyelesaikan tugas akhir di fakultas ushuluddin adab dan dakwah iain ponorogo

hidayanti, wahyu nur (2020) kecemasan mahasiswa bimbingan penyuluhan islam dalam menyelesaikan tugas akhir di fakultas ushuluddin adab dan dakwah iain ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESIS PERPUSTAKAAN-dikonversi.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hidayanti, Wahyu Nur. 2020. Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam dalam Menyelesaikan Tugas Akhir di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Iain Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Muhamad Nurdin, M.Ag.
Kata Kunci: Kecemasan, Mahasiswa Semester Akhir
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perasaan tidak menyenangkan pada mahasiswa. Perasaan yang tidak menyenangkan dan sangat mengganggu jiwa dan pikiran ini dapat mempengaruhi proses pemaknaan seseorang terhadap peristiwa atau masalah yang sedang dihadapi. Biasanya pemaknaan yang terjadi hampir selalu subjektif dan kurang dapat mengikutkan pendapat umum karena pikiran dan hati sedang dalam keadaan tidak stabil. Begitu juga yang dialami oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir studinya, mereka mengalami banyak problem, salah satunya yaitu kecemasan. Adanya hambatan pengerjaan skripsi akan menimbulkan perasaan cemas. Kecemasan ini pasti akan menganggu dalam proses pengerjaan skripsi mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, faktor-faktor kecemasan dalam menyelesaikan tugas akhir dan solusi untuk mengatasi kecemasan pada mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam untuk mengurangi kecemasan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan pada mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam masuk dalam kategori kecemasan sedang, faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan pada mahasiswa semester akhir Bimbingan Penyuluhan Islam di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo dalam menyelesaikan tugas akhir ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berupa metodologi penelitian dan malas. Adapun faktor eksternal berupa proses bimbingan, referensi, kuliah sambil bekerja, tekanan lingkungan dan organisasi ekstra kampus serta solusi yang dilakukan mahasiswa untuk mengurangi kecemasan yang berkaitan dengan faktor internal yaitu berpikir positif, menulis di buku harian, menjaga kesehatan, mendengarkan lagu, berdoa dan berbicara di cermin. Sedangkan solusi eksternalnya adalah dukungan teman, dukungan orang tua dan dukungan dosen pembimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: m. nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:02
Last Modified: 08 Dec 2020 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item