Respon Mahasiswa terhadap Cara Dakwah Grup Band Wali Melalui Lagu Tobat Maksiat (Tomat) (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo)

Musbikhin, Sulton (2020) Respon Mahasiswa terhadap Cara Dakwah Grup Band Wali Melalui Lagu Tobat Maksiat (Tomat) (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SULTON M 211016073.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Musbikhin, Sulton. 2020. Respon Mahasiswa Terhadap Cara Dakwah Grup Band Wali Melalui Lagu Tobat Maksiat (Tomat) (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Iain Ponorogo Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Skripsi.Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing , Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.
Kata Kunci: Respon Mahasiswa, Dakwah, Lagu Tobat Maksiat.
Dalam album religi Wali Band yang berjudul Ingat Sholawat (Mari Sholawat, Tobat Maksiat, Ya Allah, Tuhan, Aku Cinta Allah). Satu lagu pada album Ingat Shalawat yang judulnya Tobat Maksiat (Tomat), lagu ini mempunyai keistimewaan yang terdapat dalam setiap liriknya. Kata-kata dalam setiap liriknya banyak mengandung arti dakwah dan dapat dimengerti bagi setiap orang yang mendengarkan lagu yang berjudul Tobat Maksiat (Tomat).
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui makna lirik lagu Tobat Maksiat (Tomat) menurut mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Ponorogo dan untuk Mengetahui Respon Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Ponorogo terhadap cara dakwah grup band Wali dengan lagu religi yang berjudul Tobat Maksiat (Tomat).
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggambarkan respon mahasiswa terhadap cara dakwah grup band Wali melalui lagu Tobat Maksiat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo setelah mendengarkan lagu Tobat Maksiat mereka menjadi mengerti isi pesan dakwah dan bisa menyimpulkan makna pada lirik lagu tersebut menurut perasaan atau pemikiran mereka. yakni takdir sudah ditentukan oleh Allah, jangan melanggar perintah-Nya (maksiat), senantiasa mengucapkan Istighfar, menyuruh untuk segera bertaubat, selalu ingat bahwa setiap manusia pasti akan meninggal dunia, ajakan untuk bertaubat, dan mendapat siksa yang sangat pedih di Akhirat kelak apabila belum bertaubatdan respon mahasiswa KPI IAIN Ponorogo setelah mendengarkan lagu Tobat Maksiat adalah merasa sedih, senang/suka, terhibur, biasa saja, tenang, merenung. Dan setuju dengan cara dakwah dengan musik religi. Respon lain yang dihasilkan setelah mendengarkan lagu tersbut adalah dalam bentuk tingkah laku yakni ada yang menerapkan dan belum menerapkan isi pesan pada lagu tesebut. Seperti halnya senantiasa mengucapkan Istighfar saat melakukan kesalahan dan belum menerapkan isi lagu tersebut yakni belum bisa melakukan Taubat sepenuhnya dengan sungguh-sungguh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:34
Last Modified: 07 Dec 2020 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item View Item