Metode Dakwah Gus Danang dalam Menghadapi Krisis Moral pada Remaja

Aminudin, Toni (2020) Metode Dakwah Gus Danang dalam Menghadapi Krisis Moral pada Remaja. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD SKRIPSI TONI AMINUDIN 211016004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Aminudin, Toni. 2020.Metode Dakwah Gus Danang Dalam Menghadapi Krisis Moral Pada Remaja Skripsi. Jurusan komunikasi dan penyiaran Islam fakultas ushuluddin adab dan dakwah Institut agama islam negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Anwar Mujahidin, MA.
Kata kunci: Metode Dakwah, Krisis Moral, Gus Danang
Pada era digital sepuluh tahun terahir ini, kenakalan remaja semakin meningkat dengan variasi perbuatan yang beragam. Kenakalan remaja yang semula penyimpangan perilaku berupa mencontek, membolos, merokok, sekarang sudah menjilma menjadi perilaku kriminalitas seperti tawuran, minum-minuman keras, penyalah gunaan narkoba, bahkan pembunuhan. Di Ngawi terdapat pesantren yang dipimpin oleh Gus Danang yang menampung pelaku-pelaku kriminalitas khusunya yang masih berusia remaja. Gus Danang sebagai da’i , merasa mempunyai tanggung jawab untuk menyebarkan ajaran Islam kepada remaja pelaku kriminalitas melaui dakwah, dengan tujuan menyelamatkan masa depan generasi muda tersebut. Upaya dalam menghadapi krisis moral pada remaja ini yang membuat penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut.
Penelitian ini akan memfokuskan pada bagaimana metode dakwah Gus Danang serta bagaimana evektifitasnya. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan mengambil data dari lapangan atau mengikuti, menyaksikan aktifitas dakwah yang dilakukan Gus Danang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik: wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Setelah mendapatkan data lapangan berupa hasil wawancara dengan Gus Danang dan santrinya peneliti mendapatkan kesimpulan. Metode yang digunakan Gus Danang adalah metode hikmah dan Mauidzah hasanah. Metode ini menyampaikan materi keislaman dengan logis, serta disampaikan dengan perkataan yang baik. Sedangkan tentang evektifitas dakwah Gus Danang, peneliti menyi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anwar mujahidin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:23
Last Modified: 07 Dec 2020 04:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12043

Actions (login required)

View Item View Item