pesan dakwah islam pada film dari zina menuju jannah di channel youtube film maker muslim (analisis semiotika charles sanders pierce)

maghfiroh, umul (2020) pesan dakwah islam pada film dari zina menuju jannah di channel youtube film maker muslim (analisis semiotika charles sanders pierce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PERPUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maghfiroh, Umul. 2020 .Pesan Dakwah Islam Pada Film Dari Zina Menuju Jannah. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Irma Rumtianing UH, S.Ag, MSI.
Kata Kunci: Pesan Dakwah, Film, Semiotika Charles Sandres Peirce
Memasuki era modern, berdakwah tidak hanya dilakukan dengan tabligh akbar saja tetapi mulai menggunakan media elektronik seperti film. Film merupakan sebuah karya seni hasil kerja tim yang menghasilkan sebuah video dengan durasi yang bermacam-macam. Berdasarkan genrenya, film memiliki beragam pesan yang terkandung. Salah satunya adalah film islami yang mengandung pesan dakwah. Terdapat tiga pesan dakwah yaitu akidah, syariah, akhlak.
Film islami akan menonjolkan pesan dakwah yang dapat diterima oleh penonton. Film Dari Zina Menuju Jannah merupakan salah satu film pendek yang menceritakan tentng kisah percintaan antara Nurul dan Fahri. Film tersebut mempunyai pesan-pesan yang mendalam yang dapat menjadi motivasi dan juga bahan renungan bagi anak muda yang mulai mengenal kisah cinta.
Berdasarakan latar belakang di atas penulis tertarik untuk mendiskripsikan bagaimana tanda, objek, dan interpretasi film Dari Zina Menuju Jannah yang mengandung pesan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan dakwah saja yang terkandung dalam film Dari Zina Menuju Jannah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data peneliti menggunakan analisis semiotika Charles Barthes yang membagi pokok pembahasan menjadi tanda, objek, dan interpretasi.
Dalam penelitian ini didapatkan dua kesimpulan bahwa, terdapat 8 adegan yang mengandung pesan dakwah. Dari delapan adegan tersebut, Peneliti memilah tanda, objek, dan interpretasi yang menunjukkan pesan dakwah. Tanda yang terlihat antara lain gambar dan teks dialog di dalam film, objek yang diambil berupa hadis-hadis Rasulullah SAW, dan interpretasi berupa hubungan antara tanda dan objek yang terjalin. Dari analisis tersebut, pesan dakwah yang terkandung pada film Dari Zina Menuju Jannah adalah sifat husnudzon, sifat bersyukur, menghindari zina, berdoa kepada Allah, memiliki rasa takut kepada Allah, adab bertamu, dan akad pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing UH
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 03:08
Last Modified: 07 Dec 2020 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12037

Actions (login required)

View Item View Item