stabilitas pernikahan menurut john mordechai gottman

Widati, Putri Wahyu (2020) stabilitas pernikahan menurut john mordechai gottman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PUTRI_WAHYU_WIDATI_211516026_BPI_FUAD_2020[1].pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Widati, Putri Wahyu, 2020. Stabilitas Pernikahan Menurut John Mordechai Gottman. Skripsi: Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Mohammad Rozi Indrafuddin. M. Fil.I.

Kata Kunci : Pernikahan, Stabilitas Pernikahan, The Gottman Institute, The Sound Relationshp House Theory.

Dalam pernikahan pada dasarnya menyatukan dua pribadi yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama. Karena setiap pasangan yang melakukan pernikahan mengharapkan dapat membentuk keluarga yang bahagia dan sejahtera. Namun, kenyataannya justru banyak pernikahan yang memilih untuk mengakhiri hubungan pernikahan mereka karena ketidak mampuan pasangan dalam menyelesaikan perbedaan yang ada pada pasangannya.
Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui apa saja penyebab dari hancurnya hubungan pernikahan menurut John M. Gottman dan untuk mengetahui bagaimana struktur konseptual dari stabilitas pernikahan yang dikenalkan John M. Gottman. Dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data kepustakaan yaitu, data didapat dari variabel berupa buku, catatan, jurnal artikel, dan karya ilmiyah lain yang relevan dengan tema. Sumber data utamanya adalah berupa buku karya dari John M. Gottman yang berjudul The Sevev Principles for Making Mariagge Work.
Untuk mengetahui apa saja indikator utama yang membuat sebagian pasangan memutuskan untuk tetap melanjutkan pernikahan mereka dan sebagian lagi memilih untuk berpisah. Penulis dalam menganalisis data menggunakan The Sound Relationship Hause Theory milik John M. Gottman yang dilakukannya di The Gottman Institute. Hasilnya adalah penyebab dari hancurnya hubungan pernikahan dikarenakan enam sikap yaitu: (1) Awalan yang kasar, (2) The four hourseman, yakni empat sikap yang memutus hubungan pernikahan antara lain: mengkritik, menghina, membela diri, dan membangun benteng, (3) Rasa tersesaki, (4) Bahasa tubuh, (5) Usaha baikan yang gagal, (6) Kenangan buruk. Sedangkan struktur konseptual dari stabilitas pernikahan John M. Gottman ialah terdiri dari sembilan komponen, yaitu: (1) Membangun peta cinta, (2) Berbagi kekaguman, (3) Kembali pada satu sama lain, (4) Perspektif positif, (5) Mengelola konflik, (6) Membuat mimpi menjadi nyata, (7) Berbagi makna, (8) Rasa Percaya, dan (9) Membangun komitmen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:49
Last Modified: 07 Dec 2020 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12032

Actions (login required)

View Item View Item