Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Alat Peraga Pendidikan Dengan Sistem Pemesanan Di CV Yasiira Cabang Ponorogo

Zahroh, Mahsunatuz (2020) Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Alat Peraga Pendidikan Dengan Sistem Pemesanan Di CV Yasiira Cabang Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZAZA UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mahsunatuz Zahroh. 2020. “Analisis Hukum Islam terhadap Jual Beli Alat Peraga Pendidikan dengan Sistem pemesanan di CV Yasiira Cabang Ponorogo.” Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.

Kata Kunci: Hukum Islam, Jual Beli, Pemesanan.
Jual beli di dalam Hukum Islam ada beberapa jenisnya, diantaranya yaitu jual beli pesanan atau biasa di sebut dengan jual beli sala>m. jual beli dengan sala>m adalah jual beli yang dilakukan dengan pembelian barang yang diserahkan kemudian hari sementara pembayarannya dilakukan di awal. Di CV Yasiira Cabang Ponorogo menerapkan sistem jual beli pemesanan. Pihak CV Yasiira Cabang Ponorogo menawarkan alat peraga pendidikan kepada pihak sekolah, lalu pihak sekolah memesan barang kepada CV Yasiira Cabang Ponorogo. Permasalahannya adalah akad dalam jual beli pesanan tersebut karena pembayaran dilakukan di akhir ketika barang diserahkan. Permasalahan lainnya pihak sekolah selaku pihak pembeli melakukan wanprestasi dengan membatalkan pesanan yang mereka pesan secara sepihak. Sehingga hal tesebut merugikan pihak CV Yasiira Cabang Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap akad jual beli alat peraga pendidikan dengan sistem pemesanan di CV Yasiira cabang Ponorogo, (2) Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap wanprestasi dalam jual beli alat peraga pendidikan dengan sistem pemesanan di CV Yasiira cabang Ponorogo.
Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan metode induktif yang kemudian dianalisis, ditafsirkan dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan berdasarkan pada data lapangan tersebut.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa, Pertama: Akad dalam transaksi jual beli alat peraga pendidikan dengan sistem pemesanan di CV Yasiira cabang Ponorogo belum sesuai dengan hukum Islam. Karena pembayaran belum memenuhi syarat dalam rukun sala>m. yaitu pembayaran dilakukan diakhir yang seharusnya pembayaran dilakukan diawal. Akan tetapi diperbolehkan karena akad yang dilakukan sudah disepakati dan atas dasar keridhaan oleh kedua belah pihak. Kedua: Penyelesaiannya wanprestasi yang terjadi di CV Yasiira cabang Ponorogo mengenai pembatalan pemesanan sudah sesuai dengan tinjauan hukum Islam. Karna dalam menyelesaikan permasalahannya dengan s}ulh}u (perdamaian). Dengan cara negoisasi, kemudian dimusyawarkan dan menghasilkan solusi. Hal tersebut sudah sesuai dengan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:35
Last Modified: 07 Dec 2020 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12016

Actions (login required)

View Item View Item