upaya meningkatkan kesadaran siswa melalui pembiasaan membaca al-qur'an sebelum pembelajaran di mi mamba'ul huda al-islamiyah ngabar siman ponorogo

Purnamasari, Yuliyanti (2020) upaya meningkatkan kesadaran siswa melalui pembiasaan membaca al-qur'an sebelum pembelajaran di mi mamba'ul huda al-islamiyah ngabar siman ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi.yuliyanti purnamasari.210616190.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Purnamasari, Yuliyanti. 2020. Upaya Meningkatkan kesadaran Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si
Kata Kunci : Pembiasaan Membaca Al-Qur’an, dan Kesadaran siswa.
Kesadaran merupakan pemikiran, perasaan dan ingatan seseorang yang aktif pada saat tertentu, dimana akal akan menentukan pilihan yang diinginkan misalnya baik dan buruk, indah dan jelek dan lain sebagainya. Kesadaran dapat diartikan keadaan sadar dimana akal akan menentukan pilihan yang diinginkan ketika melakukan sebuah kegiatan yang rutin dilakukan, pembiasaan sangatlah efektif untuk menerapkan kegiatan yang bersifat wajib dilakukan disetiap harinya. Pembiasaan merupakan metode yang memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi diantara beberapa metode pembelajaran yang lainnya,. MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo merupakan salah satu lembaga yang memiliki kegiatan pembiasaan yang berbau keagamaan salah satunya yaitu pembiasaan membaca Al-Qur’an, akan tetapi siswa masih belum terbiasa dan belum mempunyai kesadaran dalam hal apapun terutama membaca Al-Qur’an.
Dari penjelasan diatas, maka dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Pembiasaan siswa dalam membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo? (2) Apasaja faktor penghambat pembiasaan siswa membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo? (3) Bagaimana hasil pembiasaan siswa membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo?
Untuk menjawab permasalahan diatas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian, teknik dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepsek, Guru Kelas, dan siswa/siswi.
Dari hasil analisa penelitian ini, disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran ini dilakukan 10-15 menit sebelum pelajaran, dari pembiasaan tersebutlah mulai tumbuh rasa antusias siswa untuk membaca Al-Qur’an, selain itu juga bisa melatih siswa untuk memanfaatkan waktu kosong sebelum pembelajaran dimulai. (2) Faktor penghambat yang dialami yaitu berasal dari siswa sendiri yang terkadang berbuat gaduh, dan tidak membawa Al-Qur’an, (3) Hasil Pembiasaan membaca AL-Qur’an sebelum pembelajaran ini adalah, siswa memulai membaca Al-Qur’an tanpa perintah guru, bacaan Al-Qur’an siswa semakin hari semakin baik, dan siswa lebih mudah naik jilid ketika pembelajaran metode ummi. Hal ini berdasarkan kesadaran pada diri siswa semakin hari semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:00
Last Modified: 07 Dec 2020 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item