Strategi Komunikasi Humas Pemkot Madiun Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media Sosial

Wardhana, Adhitya Artha (2020) Strategi Komunikasi Humas Pemkot Madiun Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media Sosial. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADITYA UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wardhana, Adhitya Artha. 2020. Strategi Komunikasi Humas Pemkot Madiun Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media Sosial. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Lia Amalia, M.Si.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Media Sosial, Humas Pemerintahan
Di era modern seperti saat ini, media sosial merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sosial manusia. Media sosial menjadi salah satu media penyebarluasan informasi yang cukup efektif bagi banyak kalangan. Humas Pemkot Madiun dalam hal ini dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola media sosial agar informasi yang berkaitan dengan lembaga dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu, Humas juga harus mampu mengelola berabagai sumber informasi dan saluran komunikasi secara efektif agar informasi yang seharusnya diketahui oleh masyarakat dapat tersampaikan dengan baik.
Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan masalah bagaimana strategi komunikasi Humas Pemkot Madiun dalam menyosialisasikan program kerja pemerintah melalui media sosial dan apa saja hambatan atau kendala yang dialami dalam mengelola akun media sosia tersebut. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pemkot Madiun dalam mensosialisasikan program kerja pemerintah melalui media sosial dan untuk mengetahui apa saja hambatannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian melakukan proses pengolahan data dengan menganalisis data lapangan, hasil wawancara dan observasi berdasarkan teori yang relevan mengenai strategi komunikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi komunikasi Humas Pemkot Madiun dalam Menyosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media Sosial dengan menggunakan teori perencanaan strategi lima langkah, yaitu penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan pelaporan (2) Hambatan yang ditemui Humas Pemkot Madiun saat mengelola akun media sosial yaitu waktu, perbedaan pendapat wartawan Humas Pemkot dan narasumber berita, dan komentar negatif dari netizen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:10
Last Modified: 07 Dec 2020 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12013

Actions (login required)

View Item View Item