Implementasi Reward dan Punishment dalam Pembelajaran Fikih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo

Munawaroh, Tatri Nurul (2020) Implementasi Reward dan Punishment dalam Pembelajaran Fikih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-TATRI SIAP UPLOAD pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Munawaroh, Tatri Nurul. 2020.Implementasi reward dan punishment dalam pembelajaran Fikih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakulta Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Reward dan Punishment, Motivasi Belajar Siswa.
Motivasi adalah suatu doronga yang dapat memberikan energi, baik motivasi dari diri sendiri maupun orang lain. Setiap siswa memiliki perbedaan dalam aspek motivasi diri. Hal inilah yang mendorong guru untuk lebih kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas, agar siswa semangat dalam belajar guru menerapkan metode reward dan punishment kepada siswa khususnya kelasVII di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Dengan adanya pemberian reward dan punishment tersebut diharapkan siswa lebih termotivasi dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan reward dan punishment pada pembelajaran Fikih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo, (2) mendeskripsikan dampak dari penerapan reward dan punishment dalam pembelajaran Fikih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo.Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) proses pembelajaran dilakukan secara fleksibel dan disesuaikan dengan situasi kelas. Dengan menggunakan metode reward dan punishment siswa mampu memahami pelajaran dengan baik. (2)jika diberikan tugas oleh guru yang sebelumnya siswa ada yang tidak mngerjakan dan molor mengumpulkan tugas setelah diterapkan reward punishmnet siswa mengerjakan dan mengumpulkan tepat waktu. Serta nilai-nilai siswa yang sebelumnya rendah dengan semnagat yang tinggi untuk belajar nilai siswa menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:57
Last Modified: 07 Dec 2020 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12010

Actions (login required)

View Item View Item