Peran orang tua dalam meningkatkan kecerdasan moral anak usia dini di TK Dharma wanita pertama indah karangpatihan Balong Ponorogo

Setyowati, Tri (2020) Peran orang tua dalam meningkatkan kecerdasan moral anak usia dini di TK Dharma wanita pertama indah karangpatihan Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
EHTESES 211116007 TRI SETYOWATI SKRIPSI wm.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setyowati, Tri. 2020. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Permata Indah Karangpatihan Balong Ponorogo. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: peran orang tua, kecerdasan moral, anak usia dini.
Moral adalah salah satu aspek penting dalam perkembangan dan kehidupan manusia. Anak akan mampu melaksanakan moral yang ada jika diberikan pendidikan moral yang dilaksanakan dengan optimal oleh orang tua dan lembaga pendidikan di luar rumah. Ada beberapa masalah dengan moral anak usia dini di TK Dharma Wanita Permata Indah Karangpatihan Balong Ponorogo meliputi: belum berkembang moral anak secara optimal, perilaku prososial anak belum sepenuhnya berkembang, tingkah laku anak belum terkontrol, tingkat emosional anak yang belum stabil.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan profil moral anak usia dini di TK Dharma Wanita Permata Indah Karangpatihan Balong Ponorogo, dan (2) untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan kecerdasan moral anak usia dini di Tk Dharma Wanita Permata Indah Karangpatihan Balong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data kualitatif mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) profil kecerdasan moral anak usia dini di TK Dharma Wanita Permata Indah Karangpatihan Balong Ponorogo mayoritas kecerdasan moral anak usia dini di TK tersebut dalam hal sopan santun dan menaati peraturan, perkembanganya dalam kategori Baik. Namun ada beberapa anak yang memiliki permasalahan dalam moralnya, terutama dalam hal belum bisa memiliki dasar kecerdasan moral, dalam hal sopan santun dan tingkah laku terhadap guru, orang tua, dan teman, serta belum dapat menaati peraturan yang berlaku di sekolah. (2) Peran orang tua dalam meningkatkan kecerdasan moral anak usia dini di Tk Dharma Wanita Permata Indah Karangpatihan Balong Ponorogo adalah: (1) Sebagai pendidik, orang tua berperan dalam mengembangkan moral seperti memberikan peran aktif dalam mendidik anak terkait perkembangan moral. (2) Sebagai panutan, orang tua mengembangkan moral seperti memberikan panutan dalam menjalankan nilai-nilai agama maupun norma yang berlaku dimasyarakat. (3) Sebagai teman, orang tua dan anak saling bertukar cerita tentang kegiatan yang dilakukan anak di lingkungan maupun sekolah, memberikan perhatian dan memberikan rasa aman dan terlindung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:47
Last Modified: 07 Dec 2020 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12007

Actions (login required)

View Item View Item