Upaya meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI melalui metode peer teaching di MA putri ma'arif ponorogo

Khoirunnisyak, Avivatul ula (2020) Upaya meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI melalui metode peer teaching di MA putri ma'arif ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD 210316167 AVIVATUL ULA PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khoirunnisyak, Avivatul Ula. 2020. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Melalui Metode Peer Teaching di MA Putri Ma’arif Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih.
Penelitian ini pada awalnya belum menerapkan metode seperti ini. Dan kegiatan proses belajar mengajar yang dilihat sebelumnya belum menampakkan siswa belajar dengan aktif dan semangat. Cara belajar siswapun cenderung pasif. Metode peer teaching ini salah satu metode pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan siswa selama dikelas. Metode peer teaching yaitu metode diskusi dengan teman sebaya atau sekelas yang menuntut siswa bertanya dan menjawab. Metode ini salah satu metode yang dapat membuat siswa harus bergerak didalam kelas. Dengan cara tukar pikiran dan berbagi ide dengan teman sebaya dengan berkelompok.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas XI dengan menggunakan metode peer teaching.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK Eksperimental. Yaitu diselenggarakan dengan berupaya menerapkan berbagai teknik atau strategi secara efektif dan efisien didalam suatu kegiatan belajar mengajar. Didalam kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar, dimungkinkan terdapat lebih dari satu strategi atau teknik yang diterapkan untuk mencapai suatu tujuan instruksional. Dengan diterapkannya PTK ini diharapkan peneliti dapat menentukan cara mana yang paling efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas belajar Fiqih dan proses pembelajaran pada siklus I keaktifan berdiskusi siswa 32%, keaktifan bertanya dan menjawab siswa 20%. Pada sikus II, keaktifan berdiskusi siswa 50%, keaktifan bertanya dan menjawab siswa 40%. Nilai rata-rata hasil belajar pasa siklus I 44%. Sedangkan pada siklus II keaktifan berdiskusi 60%, keaktifan bertanya dan menjawab 40%. Nilai rata-rata hasil belajar 88%. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan penerapan metode peer teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin yudi prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:30
Last Modified: 07 Dec 2020 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12004

Actions (login required)

View Item View Item