Pengaruh Status Sosial Ekonomi Wali Murid dan Interaksi Guru – Murid terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI MA YP KH Syamsuddin Tahun Ajaran 2019-2020

Ayu, Yuli Ani (2020) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Wali Murid dan Interaksi Guru – Murid terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI MA YP KH Syamsuddin Tahun Ajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AYU YULI ANI, 210316078.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yuli Ani, Ayu. 2020 Pengaruh Status Sosial Ekonomi Wali Murid dan Interaksi Guru – Murid terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI MA YP KH Syamsuddin. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd.

Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Wali Murid, Interaksi Guru – Murid, Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat siswa dalam melanjutkan ke perguiruan tinggi, dikarenakan status social ekonomi wali murid yang dibawah rata – rata. Sebagian dari mereka mengaku enggan melanjutkan ke perguruan tinggi karena tidak ingin membebani finansial orang tua dan memilih bekerja atau mencoba hal baru yang bisa membantu keuangan orang tua. Adapun penyebab lainnya yakni interaksi antara guru dan murid yang belum maksimal. Sehingga peserta didik banyak yang pesimis terhadap kemampuan akademiknya sendiri. Mereka berfikir bahwa kemampuan akademik yang kurang bagus akan membuat orang tua mengeluarkan biaya percuma untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
Adapun tujuan dari penelitian ditemukan: (1) pengaruh status sosial ekonomi wali murid terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XI MA YP KH Syamsuddin, (2) pengaruh interaksi guru – murid terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XI MA YP KH Syamssuddin, (3) pengaruh status sosial ekonomi wali murid dan interaksi guru – murid terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi.siswa kelas XI MA YP KH Syamsuddin.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan teknik statistic parametik. Dengan rancangan ini menguji pertemuan 2 rediktor dan dengan variable kriterium Y. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yakni 70 dengan sampel 60 siswa. Menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, sedangakan analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple (dua variable bebas).
.Dari hasil penelitian ditemukan: (1) status sosial ekonomi wali murid secara signifikan berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XI MA YP KH Syamsuddin. Hal ini ditunjukkan oleh (11,545) > (4,01), sedangkan taraf signifikan α = 0,05 dan N = 60 dengan presentase sebesar 16,6% (2) interaksi guru – murid secara signifikan berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggisiswa kelas XI MA YP KH Syamsuddin. Hal ini ditunjukkan oleh (25,836) > (4,01), sedangkan taraf signifikan α = 0,05 dan N = 60. Dengan presentase 30,6% (3) status sosial ekonomi wali murid dan interaksi guru – murid terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XI MA YP KH Syamsuddin. Hal ini ditunjukkan oleh (16,674) > (3,16) sedangkan taraf signifikan α = 0,05 dan N = 60. Dengan presentase sebesar 36,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:22
Last Modified: 04 Dec 2020 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12001

Actions (login required)

View Item View Item