Korelasi bimbingan orang tua dengan ketrampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo Pule Trenggalek tahun pelajaran 2013/2014.

Malikatus, Sholikhah (2015) Korelasi bimbingan orang tua dengan ketrampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo Pule Trenggalek tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
malikatussolikhah.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)

Abstract

Guru di SDN 1 Sidomulyo Pule Trenggalek telah melakukan upaya proses belajar mengajar membaca dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca siswa. Namun demikian, upaya ini tampaknya belum membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari adanya salah satu siswa lulusan Sekolah ini yang tidak bisa membaca pada tahun 2013. Selain itu, ada beberapa siswa kelas III yang belum lancar dalam membaca. Untuk itu, peneliti mencoba untuk mencari tahu bagaimana keterampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo pule Trenggalek, dan menghubungkannya dengan bimbingan orang tua siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bimbingan orang tua siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo Pule trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui keterampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo Pule Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014. 3) Untuk mengetahui korelasi bimbingan orang tua dengan keterampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo Pule Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu semua populasi digunakan sebagai sampel, yaitu siswa kelas III sebanyak 27 responden. Adapun cara pengambilan data bimbingan orang tua dengan memberikan angket yang berupa pernyataan kepada responden, dan pengambilan data keterampilan membaca dengan teknik tes. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi Product moment. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Bimbingan orang tua siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo Pule Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014 tergolong sedang, karena 18,5% dari 27 siswa termasuk dalam kategori tinggi, 44,4% siswa sedang dan 37% siswa rendah. 2) Keterampilan membaca siswa siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo Pule Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014 juga tergolong sedang karena 33,3% dari 27 siswa termasuk dalam kategori tinggi, 37% siswa sedang dan 29,6% siswa rendah. 3) Hasil analisis data menunjukkan nilai rxy(r observasi)=0,674. Pada taraf signifikansi 5% rt (r Product Moment)=0,381 maka rxy> rt, sehingga Ha diterima, berarti ada korelasi positif antara bimbingan orang tua dengan keterampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Sidomulyo Pule Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: 1.Elfi Yuliani R, M.Pd.I, 2. Esti Yuli Widayanti, M.Pd
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pgmi ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 23 Jun 2015 06:51
Last Modified: 27 Jun 2016 07:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item View Item