Pendekatan Pembelajaran Saintifik dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa PAI Di MA Ronggowarsito Ponorogo

Ismail, Ismail (2020) Pendekatan Pembelajaran Saintifik dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa PAI Di MA Ronggowarsito Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316394 ISMAIL PAI K.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ismail. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dengan Model Discovery Learning Dapat Meningkatkan Kreativitas Siswa MA Ronggowarsito Ponorogo.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik, Kreativitas Discovery Learning.
Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang berbeda dari sebelumnya, baik berupa gagasan atau karya nyata dengan menggabunggabungkan unsur- unsur yang sudah ada sebelumnya. Berdasarkan informasi dari guru PAI, di MA Ronggowarsito Ponorogo banyak siswa yang mempunyai kreativitas belajar PAI yang rendah. Maka dari itu sesuai dengan kurikulum 2013, pendekatan Saintifik Model Discovery Learning dirasa cukup untuk mewujudkan peningkatan kreativitas belajar siswa terhadap pembelajaran PAI.
Berdasarkan permasalahan diatas penulis membuat rumusan masalah berikut (1) Bagaimana implikasi pendekatan saintifik model discovery learning terhadap siswa MA Ronggowarsito Ponorogo. (2) Bagaimana tingkat kreativitas siswa MA Ronggowarsito Ponorogo terhadap implementasi pendekatan saintifik model discovery learning. (3) Bagaiman faktor pendukung dan penghambat pendekatan saintifik model discovery learning di MA Ronggowarsito Ponorogo khususnya PAI.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Implementasi pendekatan saintifik model discovery learning dalam pembalajaran PAI terdiri dari 3 kegiatan yaitu (a) kegiatan Pra Pembalajaran dalam kegiatan pra pebelajaran ini meliputi pembuatan RPP (b) Kagiatan proses pembelajaran merupakan kegiatan inti dalam suatu pembelajaran dengan menggunakan durasi waktu tertentu (c) penilaian autentik merupakan penilaian yang dikakukan secara komprehensif untuk menilai dari proses pembelajaran dan akhir pembelajaran, penilaian autententik tersebut meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. (2) Problem dan solusi dalam menerapkan pendekatan saintifik model discovery learning pastinya tidak lepas dari problem maupun hambatan yang pastinya akan terjadi dan mengganggu kemaksimalan suatu pembelajaran. (a) Kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran PAI (b) Kebiasaan guru yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran (c) Ketersediaan waktu pembelajaran yang terbatas. (3) Implikasi dari penerapan pendekatan saintifik model discovery learning terhadap kreativitas siswa PAI model pembelajaran Discovery Learnig sangatlah membawa perubahan yang signifikan terhadap pembelajaran PAI, yang semula pembelajaran PAI dirasa sangat monoton dan membosankan menjadi pembelajaan PAI yang asik, kreatif dan menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:20
Last Modified: 04 Dec 2020 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11992

Actions (login required)

View Item View Item