Pengaruh Religiositas, Altruisme, Dan Pemahaman Zakat Terhadap Kewajiban Petani Membayar Zakat Pertanian (Studi Pada Desa Wonoketro Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo)

Kholil, Musyaffak (2020) Pengaruh Religiositas, Altruisme, Dan Pemahaman Zakat Terhadap Kewajiban Petani Membayar Zakat Pertanian (Studi Pada Desa Wonoketro Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MUSYAFFAK KHOLIL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

pengaruh keagamaan, altruisme, dan pemahaman zakat terhadap kewajiban petani membayar zakat pertanian

ABSTRAK
Zakat merupakan salah satu ibadah kepada Allah SWT. Zakat ada 2 yaitu: zakat fitrah dan zakat mal, Salah satu yang termasuk dalam zakat mal adalah zakat pertanian. Zakat pertanian adalah zakat yang harus dikeluarkan petani yang berasal dari sektor pertanian dengan beberapa persyaratan yaitu dapat disimpan dan dijadikan sumber makanan. Tetapi masih banyak masyarakat yang belum atau tidak melaksanakan dan menjalankan kewajibannya terhadap zakat dari hasil pertanian.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiositas, altruisme, dan pemahaman zakat terhadap kewajiban petani dalam membayar zakat pertanian.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kuantitatif. Analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda, penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat yang berprofesi sebagai petani di Desa Wonoketro Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial religiositas dan pemahaman zakat berpengaruh terhadap kewajiban petani dalam membayar zakat pertanian dengan nilai thitung sebesar 2.735 dan 6.363, kemudian secara parsial altruisme tidak berpengaruh terhadap kewajiban petani dalam membayar zakat pertanian dengan nilai thitung sebesar 0.186, dan secara simultan variabel religiositas, altruisme, dan pemahaman zakat berpengaruh terhadap kewajiban petani dalam membayar zakat pertanian dengan nilai Fhitung sebesar 21.765.

Kata Kunci: Religiositas, Altruisme, Pemahaman, Kewajiban

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2020 05:35
Last Modified: 03 Dec 2020 05:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11989

Actions (login required)

View Item View Item