Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Perubahan Iklim Di SMPN 1 Balong Tahun Pelajaran 2019/2020.

Zuwariyah, Siti (2020) Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Perubahan Iklim Di SMPN 1 Balong Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_siti zuwariyah_211316015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zuwariyah, Siti. 2020. Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Perubahan Iklim Di SMPN 1 Balong Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Edi Irawan, M.Pd

Kata Kunci : Discovery Learning, Mind Mapping, berpikir Logis

Penelitian ini dilatarbelakangi usaha pendidik dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis dalam materi IPA. Hal ini dapat diselaraskan dengan Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan yang ilmiah serta meningkatkan keaktifan peserta didik dan meningkatkan kemampuannya. Salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis yaitu Discovery Learning berbantuan Mind Mapping. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui Keterlaksanaan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Mind Mapping, 2) keefektifan model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Perubahan Iklim.
Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu. Penelitian eksperimen semu ini digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kelas yang diberi perlakuan dan kelas yang tidak diberi perlakuan. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII, serta sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang digunakan adalah data kemampuan berpikir logis dengan tiga indikator yaitu keruntutan berpikir, kemampuan bernalar, dan menarik kesimpulan.
Kesimpulannya menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan proses belajar dengan model Discovery Learning berbantuan Mind Mapping dilaksanakan dengan baik, 2) nilai hasil belajar model Discovery Learning berbantuan Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Diharapkan kepada pihak lembaga, guru, dan peneliti dapat menggunakan model ini karena dapat menjadi salah satu model yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: irawan Edi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2020 05:39
Last Modified: 03 Dec 2020 05:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11988

Actions (login required)

View Item View Item