Pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa dengan menggunakan strategi manurawa sampok pada kelas IV di MI Ma'arif Purwantoro tahun ajaran 2019/2020

Novitasari, Novitasari (2020) Pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa dengan menggunakan strategi manurawa sampok pada kelas IV di MI Ma'arif Purwantoro tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVITASARI UPLOAD E THESIS.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Novitasari. 2020. “Pembelajaran Membaca dan Menulis Aksara Jawa dengan Menggunakan Strategi Manurawa Sampok Pada Kelas IV Di MI Ma’arif Purwantoro, Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020”. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia,M.Pd.
Kata kunci : Pembelajaran Membaca dan Menulis, Aksara Jawa, Strategi
Manurawa Sampok.
MI Ma’arif Purwantoro, Wonogiri berdiri sejak tahun 2013 yang bertempat di Dukuh Bangsri, Purwantoro. MI Ma’arif Purwantoro merupakan salah satu lembaga sekolah yang mempunyai keunikan dalam melaksanakan pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa. Pembelajaran tersebut menggunakan startegi manurawa sampok. Kegiatan belajar membaca dan menulis aksara Jawa diikuti oleh siswa kelas IV.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengambil data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data serta pengambilan simpulan dan verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, hasil pelaksanaan, dan mendeskripsikan kendala- kendala yang dihadapi dalam pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa dengan strategi manurawa sampok.
Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca aksara Jawa sebagai berikut. Pembelajaran aksara Jawa dilaksanakan dalam waktu 15 menit awal pada pembelajaran bahasa Jawa yang dimulai pukul 11.05-12.15. Setiap siswa memiliki materi pembelajaran aksara Jawa yaitu iqro’ carakan jilid I, dalam pembelajaran diadakan tes tulis dan lisan, baik secara kelompok maupun individu guna untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman siswa dalam membaca dan menulis aksaraJawa.
Adapun hasil belajar membaca dan menulis aksara Jawa adalah siswa menyukai pembelajaran aksara Jawa dan siswa mampu membaca dan menulis aksara Jawa, walaupun terkadang ada yang lupa, suasana kelas menjadi lebih hidup, partisipasi siswa dalam belajar meningkat.
Kendala yang ditemukan ketika pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa adalah siswa masih ada yang mengobrol ketika pembelajaran berlangsung, siswa cenderung tidak memperhatikan pembelajaran saat menunggu giliran membaca, siswa kesulitan membedakan beberapa aksara Jawa yang memiliki kemiripan, baik dalam menulis maupun membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sofa Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:03
Last Modified: 03 Dec 2020 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11981

Actions (login required)

View Item View Item