Implementasi Pendekatan Sosio Emosional dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 5 Ponorogo

Yursida, Yursida (2020) Implementasi Pendekatan Sosio Emosional dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yursida. 2020. Implementasi Pendekatan Sosio Emosional dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M. Pd.
Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Sosio Emosonal, Pembelajaran PAI
Pendekatan dalam pembelajaran berfungsi sebagai suatu pedoman guru dalam perencanaan proses belajar mengajar. Guru akan menentukan apa pendekatan yang akan diterapkan dalam mengelola kelas sehingga pembelajaran akan dapat berjalan dengan optimal. Guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII di SMPN 5 Ponorogo menggunakan pendekatan sosio emosional sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan kondusif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan sosio emosional dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII di SMPN 5 Ponorogo, hasil implementasi pendekatan sosio emosional dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII di SMPN 5 Ponorogo, serta faktor pendukung dan penghambat pendekatan sosio emosional dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII di SMPN 5 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualititaf dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendekatan sosio emosional dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dilakukan oleh guru yaitu dengan menjalin keakraban dengan peserta didik serta mengenal pribadi masing-masing peserta didik, membangun keharmonisan dalam pembelajaran, bersikap adil dan obyektif dengan peserta didik serta memberikan penghargaan kepada peserta didik. (2) Dengan mengimplementasikan pendekatan sosio emosional dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, interaksi antara guru dengan peserta didik menjadi lebih cair sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan santai dan menyenangkan. Sikap guru yang bersahabat membuat peserta didik lebih dekat dan menjadi akrab dengan guru sehingga peserta didik merasa lebih antusias dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran. (3) Faktor pendukung implementasi pendekatan sosio emosional dalam pembelajaran PAI dan Budi pekerti yaitu adanya kedekatan antara guru dengan peserta didik. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah usia peserta didik yang masih dalam fase bermain serta kurangnya kepedulian orang tua terhadap keadaan anaknya di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:14
Last Modified: 03 Dec 2020 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item