Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Anak atas Dampak Media Sosial (Studi Kasus Siswa Kelas IV di SDN 1 Jenangan)

Larasati, Larasati (2020) Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Anak atas Dampak Media Sosial (Studi Kasus Siswa Kelas IV di SDN 1 Jenangan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LARASATI_210616158.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Larasati. 2020. Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Anak atas Dampak Media Sosial (Studi Kasus Siswa Kelas IV di SDN 1 Jenangan). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.

Kata Kunci: Orang Tua, Karakter Sopan Santun, Dampak Media Sosial

Pendidikan Karakter sangat perlu dikembangkan dalam diri setiap manusia. Karena orang yang berkarakter akan menjadikan dirinya lebih bernilai dalam kehidupannya kelak. Karakter seseorang perlu ditanamkan sejak dini. Peran orang tua sebagai pendidik sangatlah mempengaruhi keberhasilan karakter anak itu terbentuk dengan baik, terutama hal sopan santun yang disebabkan karena pengaruh dari penggunaan media sosial.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan peran orang tua sebagai pendidik dan orang tua sebagai motivator dalam membentuk karakter sopan santun anak atas dampak media sosial pada siswa kelas IV di SDN 1 Jenangan.
Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan Miles dan Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peran orang tua dalam membentuk karakter sopan santun anak atas dampak media sosial pada siswa kelas IV di SDN 1 Jenangan antara lain: Ada beberapa peran atau cara orang tua siswa diantaranya adalah menjadi contoh dan teladan yang baik untuk anak, memberikan hukuman yang mendidik, memberikan aturan yang bersifat tidak menekan anak, dan melakukan pembiasaan perilaku sopan santun baik di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Namun ada juga sebagian orang tua yang pasif dan kurang mempunyai wawasan dalam mendidik anaknya, sehingga anak tidak memiliki karakter sopan santun dengan baik. (2) Dampak media sosial terhadap siswa kelas IV yaitu: dampak media sosial ada dua macam yaitu positif dan juga negatif. Dampak positifnya antara lain anak pengetahuannya menjadi menjadi lebih luas dan menjadi lebih kreatif. Sedangkan dampak negatifnya ialah anak menjadi malas belajar, individualis dan kurang bersosialisasi, berkurangnya adab sopan santun terhadap orang lain maupun kepada orang tua, dan anak menjadi lebih emosional dan juga pemarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:13
Last Modified: 03 Dec 2020 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11973

Actions (login required)

View Item View Item