Amsori, Imam Syahbudin (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Mata Penakluk Manakib Abdurrahman Wahid Karya Abdullah Wong Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Kepribadian Guru PAI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
uploud perpus 210316262 imam syahbudin amsori.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Amsori, Imam Syahbudin. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Mata Penakluk Manakib Abdurrahman Wahid Karya Abdullah Wong dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru PAI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Natsir, M.Pd.I..
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Novel Mata Penakluk, Kompetensi Kepribadian Guru PAI.
Novel Mata Penakluk adalah novel yang ditulis oleh Abdulloh Wong yang isinya menceritakan biografi Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal sebagai Gus Dur. Dalam novel tersebut selain menceritakan kisah hidup Gus Dur ketika Menjadi Presiden, novel tersebut juga menceritakan Gus Dur semasa masih kecil serta perjalanan Gus Dur dalam menuntut ilmu. Dalam kisahnya dalam menuntut ilmu tersebut, banyak kisah-kisah yang dapat menjadi contoh baik bagi peserta didik. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pendidikan karakter bagi peserta didik. Karena jika kita lihat, pada kenyataannya karakter peserta didik saat ini mulai terkikis karena arus globalisasi yang semakin sulit dikontrol. Oleh karena itu, pendidikan karakter dalam novel Mata Penakluk tersebut diharapkan mampu menjadi media dalam memperbaiki karakter peserta didik karena pada dasarnya pendidikan bukan hanya transfer of knowledge namun juga proses transfer of attitude. Sehingga jelas bahwa pendidikan karakter tersebut layak untuk diteliti. Selain itu dari pendidikan karakter dalam novel tersebut kita dapat mengetahui lebih jauh apakah pendidikan karakter tersebut akan berpengaruh terhadap kompetensi kepribadian guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Mata Penakluk. Tujuan kedua penelitian ini adalah mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Mata Penakluk dengan kompetensi kepribadian Guru PAI.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji data-data yang berhubungan dengan rumusan masalah dalam penelitian ini. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (Content analisys).
Hasil penelitian ini diketahui bahwa: pertama, Terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Mata Penakluk, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab. Kedua, Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Mata Penakluk dengan kompetensi kepribadian guru PAI. Nilai-nilai pendidikan karakter gemar membaca, tanggung jawab, dan mandiri memiliki relevansi dengan kompetensi kepribadian yang mantap, stabil, dan dewasa. Nilai-nilai pendidikan karakter disiplin, jujur, toleransi, menghargai, dan peduli sosial memiliki relevansi dengan kompetensi kepribadian yang disiplin, arif, dan bijaksana. Seluruh nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Mata Penakluk memiliki relevansi dengan kompetensi kepribadian yang teladan. Nilai-nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, dan peduli sosial memiliki relevansi dengan kompetensi kepribadian yang berakhlak mulia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Natsir |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 02:11 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 02:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11967 |
Actions (login required)
View Item |