Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V Umar Bin Khattab SDIT Qurrota A'yun Ponorogo

Khikmah, Hidayatul (2020) Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V Umar Bin Khattab SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616167 HIDAYATUL KHIKMAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khikmah, Hidayatul. 2020. Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Dalam Pemberlajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V Umar Bin Khattab SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institus Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci : Konsentrasi, Belajar, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar
Pentingnya konsentrasi belajar dalam proses pembelajaran, khususnya pelajaran matematika. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa kelas V Umar Bin Khattab, faktor yang mempengaruhi tingkat konsentrasi dan upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan melihat hasil belajar siswa, kemudian mengklarifikasinya kedalam kriteria hasil belajar tinggi, sedang dan rendah. Lalu menghitung konsentrasi belajarnya dengan menggunakan rumus.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek A dengan hasil belajar tinggi memenuhi 8 indikator konsentrasi dan mendapatkan skor 84 tergolong tingkat konsentrasi tinggi. Subjek B dengan hasil belajar sedang memenuhi 7 indikator konsentrasi dan mendapatkan skor 64 tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang. Subjek C dengan hasil belajar rendah memenuhi 7 indikator konsentrasi dan mendapatkan skor 80 sehingga tergolong memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dan beberapa upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar, salah satunya adalah mengubah mendset siswa agar menyukai pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:09
Last Modified: 03 Dec 2020 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item