Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri Dengan Metode Ummi Di Madrasah Diniyah Al-Hasan, Geger, Madiun

Fitriani, Nuzul (2020) Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri Dengan Metode Ummi Di Madrasah Diniyah Al-Hasan, Geger, Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NUZUL FITRIANI_210316245.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitriani, Nuzul. Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri melalui Metode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Hasan, Banaran, Geger, Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci : Peran Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Ummi.

Pendidikan diniyah adalah lembaga pendidikan non-formal yang mengenalkan Al-Qur’an kepada anak sejak usia dini, serta menanamkan akhlaqul karimah yang terkandung dalam Al-Qur’an. Melihat fenomena saat ini, amat memperihatinkan dalam hal kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal tersebut terjadi banyak dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan dalam hal kemampuan membaca Al-Qur’an. Pada Madrasah Diniyah Al-Hasan, Banaran, Geger, terdapat pembelajaran metode ummi untuk mempermudah santri dalam membaca Al-Qur’an. Disisi lain, didukung oleh pendidik yang memiliki sertifikasi ummi, serta fasilitas yang lain untuk menunjang kegiatan pembelajaran Al-Qur’an.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana uapaya guru madrasah diniyah Al-Hasan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan penggunaan metode ummi, 2) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru madrasah diniyah Al-Hasan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan penggunaan metode ummi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian adalah studi kasus. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknis analisis data melalui proses reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan adalah 1) Upaya guru Madrasah Diniyah Al-Hasan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dengan metode ummi adalah guru sudah bersertifikat ummi dan mengikuti pelatihan-pelatihan, mengulang bacaan yang telah dipelajari sebelumnya, sistem klasikal baca simak dengan metode mengulang-ulang, menghafal dikombinasikan dengan sambung ayat, dan memberikan motivasi, 2) Faktor penghambat dan pendukung penghambat guru madrasah diniyah Al-Hasan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dengan menggunaan metode ummi adalah dari faktor fisiologis dan psikologis, lingkungan keluarga, dan cara mengajar pendidik/ guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 23:17
Last Modified: 02 Dec 2020 23:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11964

Actions (login required)

View Item View Item