Peran Ekstrakurikuler Hadrah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Sebagai Sosialisasi Nilai-Nilai Ajaran Islam Siswa Di Mi Ma’arif Kadipaten Ponorogo

Rahmawati, Rizki Aulia (2020) Peran Ekstrakurikuler Hadrah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Sebagai Sosialisasi Nilai-Nilai Ajaran Islam Siswa Di Mi Ma’arif Kadipaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616098_RIZKI AULIA RAHMAWATI.pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aulia, Rizki Rahmawati.2020.Peran Ekstrakurikuler Hadrah dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Sebagai Sosialisasi Nilai-Nilai Ajaran Islam Siswa di MI Maarif Kadipaten Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler hadrah, Kecerdasan Musikal
Ekstrakurikuler hadrah merupakan kagiatan pendidikan diluar jam pelajaran yang ditunjukkan untuk membantu perkembangan peserta didik, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Hadrah yaitu salah satu corak nyanyi disertai alat musik membranofon terutama rebana dan berhubungan dengan syair- syair Islami. Hadrah identik dengan seni Islam yang mengandung nilai estetik yang berpadu dengan etik (Akhlak) Islam yaitu ajaran baik buruk yang ditentukan oleh Allah Swt. Hadrah dapat mendidik siswa untuk selalu mengingat budaya yang telah ada, serta bisa menambah ketaatan dan keimanan kepada Nabi Muhammad, sedangkan kecerdasan musikal merupakan kemampuan dan keterampilan yang dapat ditumbuh-kembangkan melalui musik, kemampuan untuk menikmati musik, serta kepekaan anak dalam mendengarkan musik dan memainkan alat-alat musik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan esktrakurikuler hadrah di MI Ma’arif Kadipaten (2) kemudian kontribusi hadrah dalam meningkatkan kecerdasan musikal sebagai sosialisasi nilai-nilai ajaran Islam siswa (3) serta faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler hadrah dalam meningkatkan kecerdasan musikal sebagai sosialisasi nilai-nilai ajaran Islam di MI Ma’arif Kadipaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan juga angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) Pelaksanaannya ekstrakurikuler hadrah di MI Ma’arif Kadipaten rutin dilaksanakan pada hari sabtu setelah jam pelajaran telah selesai. Hal pertama yang dilakukan absensi, setelah absensi telah dilakukan dilanjutkan dengan berdoa setelah itu tutor sedikit menyelipkan nilai nilai yang terkandung dalam kesenian hadrah, siswa dibagi menjadi 3 bagian, penabuh, vokal, dan angguk (penari), dalam satu hari ada tiga lagu, tiga lagu tersebut di ulang ulang sampai mereka menguasai. 2) Ekstrakurikuler hadrah sangat berkontribusi dalam meningkatkan kecerdasan musikal. Kegiatan tersebut menjadikan siswa mengerti tentang musik dan mengerti tentang nilai nilai ajaran Islam, serta fasih memainkanya. Selain itu hadrah menjadikan kecerdasan kognitif mereka semakin meningkat. 3) Faktor pendukung dari ekstrakurikuler hadrah di MI Ma’arif kadipaten yaitu adanya dukungan penuh dari pihak sekolah, faktor pendukung yang lain adalah antusias dari anggota hadrah yang selalu semangat dalam setiap pelaksanaannya, dan tentunya juga dukungan dari wali murid. Faktor penghambatnya yaitu ketika tutor terkadang berhalangan untuk hadir dan juga ketika anggota hadrah ada yang berhalangan untuk hadir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 23:15
Last Modified: 02 Dec 2020 23:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11961

Actions (login required)

View Item View Item