Manajemen Risiko Pengumpulan Dana Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Ponorogo

Sa'adah, Amrin Nafisatis (2020) Manajemen Risiko Pengumpulan Dana Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMRIN NAFISATIS SA'ADAH,JURUSAN MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF, JUDUL MANAJEMEN RISIKO PENGUMPULAN DANA ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI PONOROGO (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sa’adah, Amrin Nafisatis. 2020. Manajemen Risiko Pengumpulan Dana zakat pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Ponorogo.Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Iza Hanifuddin, Ph. D.
Kata kunci:Manajemen Risiko, Pengumpulan Dana Zakat, Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Ponorogo.
Tulisan ini membahas tentang manajemen risiko pengumpulan dana zakat pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Ponorogo. Manajemen risiko pada Amil Zakat Yatim Mandiri Ponorogo dilakukan dengan sederhana dengan berpedoman pada pedoman umum lembaga. Selain itu, dalam pengumpulan risiko belum ada perhitungan dan pemetaan yang rinci. Risiko yang sering terjadi diantaranya terkait dalam proses pengumpulan dana zakat. Dalam pengumpulan dana zakat terdapat Risiko Kehilangan Donatur dan Muzaki yang disebabkan karena berbagai hal. Sebenarnya presentasinya kecil namun terjadi secara berturut-turut dan jika dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan manajemen risiko maka akan berdampak buruk pada Lembaga, dan reputasi Lembaga akan semakin menurun.
Dalam Skripsi ini penulis akan membahas tiga pokok permasalahan, yaitu: Pertama, Bagaimana pelaksanaan manajemen risiko dalam pengumpulan dana zakat yang ada di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Ponorogo? Kedua, Bagaimana penguatan manajemen risiko pada Donatur dan Muzaki terhadap pengumpulan dana zakat yang ada di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Ponorogo? Ketiga, Apa dampak manajemen risiko dalam tumbuh kembangnya jumlah Donatur dan Muzaki terhadap Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Ponorogo?
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Ponorogo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan metode pengumpul data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berupa data-data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dangan Kepala Cabang, Staf Program, Zisco, serta Donatur dan Muzaki Yatim Mandiri. Teknik pengolahan data yang digunakan penulis adalah editing, organizing, dan penemuan hasil. Setelah data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan manajemen risiko dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. (2) penguatan manajemen risiko pada Donatur dan Muzaki terhadap pengumpulan dana zakat yang diterapkan Yatim Mandiri adalah untuk menambah tingkat kepercayaan Muzaki agar menyalurkan dananya di Lembaga Yatim Mandiri. (3) Dampak manajemen risiko terhadap pengumpulan dana zakat sangat baik, yaitu pengumpulan dana zakat menjadi lebih terarah dan terhindar dari risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:32
Last Modified: 15 Mar 2022 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11956

Actions (login required)

View Item View Item