Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Religiusitas Terhadap Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Zakat Pertanian Padi Di Desa Lembah Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Erfinasari, Erfinasari (2020) Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Religiusitas Terhadap Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Zakat Pertanian Padi Di Desa Lembah Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Benar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Erfinasari, 2020. Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Religiusitas Terhadap Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Pertanian Padi di Desa Lembah Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Shinta Maharani, M.Ak.
Kata kunci: Pengetahuan Zakat, Religiusitas dan Kesadaran Masyarakat
Penduduk Desa Lembah Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun berjumlah 4.006 jiwa dan ada 1.023 penduduknya berprofesi sebagai petani serta luas lahan persawahannya 216 Ha. Melihat luasnya lahan yang tersedia menunjukkan bahwa potensi zakat di sektor pertanian khususnya tanaman padi di wilayah tersebut cukup besar. Namun kenyataan di kehidupan masyarakat, khususnya di Desa Lembah sejak dulu hingga sekarang untuk pembayaran zakat pertanian dirasa masih belum terlaksana sepenuhnya, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat terkait zakat khususnya zakat pertanian padi. Selama ini pengelolaan zakat di sektor tersebut belum sepenuhnya dikelola secara baik, sehingga zakat yang terhimpun selama ini belum diserahkan kepada lembaga resmi yang dibentuk oleh pemerintah. Selama ini pembayaran zakat hasil pertanian hanya berdasarkan kesadaran masyarakat, bahkan tidak jarang dari mereka yang tidak membayar zakat hasil pertanian.
Berangkat dari latar belakang di atas maka penelitian ini memfokuskan pada permasalahan: 1. Bagaimana pengetahuan zakat berpengaruh terhadap kesadaran masyarakatdalammembayar zakat pertanian padi di Desa Lembah ? 2. Bagaimana religiusitas berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat dalam membayar zakat pertanian padi di Desa Lembah ? 3. Bagaimana pengaruh pengetahuan zakat dan religiusitas secara simultan terhadap kesadaran masyarakat dalam membayar zakat pertanian padi di Desa Lembah ?
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 1.023, yang dijadikan sampel berjumlah 100 Petani Desa Lembah Kecamatan Dolopo dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan analisis linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: Pengetahuan zakat berpengaruh signifikan terhadap kesadaran masyarakat dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,278 > 1,660 dan regresi linier berganda sebesar 0,320. Religiusitas berpengaruh tidak signifikan terhadap kesadaran masyarakat dengan nilai thitung > ttabel yaitu 1,757 > 1,660 dan regresi linier berganda sebesar 0,217. Pengetahuan zakat dan religiusitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kesadaran masyarakat dengan nilai fhitung yaitu 11,688 > 3,09 dan nilai R Square sebesar 0,441.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:09
Last Modified: 02 Dec 2020 06:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11954

Actions (login required)

View Item View Item