pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pondok pesantren modern al-anwar pacitan

Agusty, Farouq Fuad (2020) pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pondok pesantren modern al-anwar pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316366 FAROUQ FUAD AGUSTY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Agusty,Farouq Fuad Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di Ponpes Modern Al-Anwar
Pacitan” ini ditulis oleh Farouq Fuad Agusty, NIM. 2103163663, Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Quantum Teaching, Motivasi, Hasil Belajar.
Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajran Quantum Teaching terhadap motivasi dan hasil belajar SKI siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Quatum Teaching terhadap motivasi Belajar SKI siswa materi Nabi Muhammad saw. Hijrah ke Yatsrib di Ponpes Modern Al-Anwar Pacitan. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar SKI siswa materi Nabi Muhammad saw. Hijrah ke Yatsrib di Ponpes Modern Al-Anwar Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitianya adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Noneequivalent Control Group dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh siswa Ponpes Modern Al-Anwar Pacitan yang berjumlah 365 siswa.
Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Purposive Sampling, dengan kelas VII Sunan Pandanaran sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Sunan Gresik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data: 1) wawancara; 2) dokumentasi; 3) angket; 4) tes. Teknik pengumpulan data penelitian berupa angket pretest-posttest untuk mengukur motivasi dan tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Teknik pengumpulan data penelitian soal sebelum digunakan untuk mengumpulkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan untuk analisis adalah uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest angket motivasi siswa kelas eksperimen 82.50, sedangkan nilai rata-rata posttest angket motivasi kelas kontrol sebesar 73.60. Hasil Uji statistik diperoleh thitung sebesar 3.204 dan ttabel sebesar 2.042 sehingga thitung > ttabel. 2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen sebesar 84.50 sedangkan kelas kontrol sebesar 73.50. Hasil Uji statistik diperoleh thitung sebesar 2.610 dan ttabel sebesar 2.042 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 05:08
Last Modified: 02 Dec 2020 05:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item