peningkatan kesadaran kritis siswa melalui pembelajaran tematik berbasis hots di sdn 2 tonatan, kecamatan ponorogo, kabupaten ponorogo

Aji Saputro, Guntur (2020) peningkatan kesadaran kritis siswa melalui pembelajaran tematik berbasis hots di sdn 2 tonatan, kecamatan ponorogo, kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
GUNTUR 210616214 PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saputro, Guntur Aji. 2020. “Peningkatan Kesadaran Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di SDN 2 Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo”.Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Peningkatan Kesadaran Kritis, Pembelajaran Tematik berbasis HOTS
Dalam kegiatan belajar mengajar, seorang guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu saja, tetapi pendidik juga harus mampu membentuk atau meningkatkan kesadaran kritis siswa di dalam proses pembelajaran di sekolah. Kesadaran kritis merupakan sebuah cara berfikir yang mandiri, aktif dan kreatif yang diimplementasikan oleh seseorang. Dalam proses peningkatan kesadaran kritis siswa pasti ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran kritis siswa baik dari segi siswanya sendiri atau mentalnya maupun segi lingkungan dan pembelajaran yang diterapkan oleh guru di sekolahan. Salah satu upaya melalui model pembelajaran ialah dengan menerapkan model pengembangan pembelajaran Tematik berbasis HOTS yang mempunyai karakteristik membentuk siswa untuk berfikir tingkat tinggi atau bisa disebut kritis. Untuk Permasalahan yang sedang ada di SDN 2 Tonatan ialah perihal tingkat kesadaran kritis siswa yang belum maksimal di dalam proses pembelajaran. Maka dari itu peneliti ingin meneliti tingkat kesadaran kritis siswa dan dampak dari model pembelajaran Tematik berbasis HOTS terhadap tingkat kesadaran kritis siswa di SDN 2 Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil tingkat kesadaran kritis siswa, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran kritis, 3) penerapan pembelajaran Tematik berbasis HOTS dan 4) dampak pembelajaran Tematik berbasis HOTS dalam meningkatkan kesadaran kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif serta dilaksanakan di SDN 2 Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) profil tingkat kesadaran tingkat siswa di SDN 2 Tonatan Ponorogo, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, sudah mulai terbentuk walaupun masih belum maksimal dan menyeluruh ke seluruh siswa. 2) faktor-fakor yang mempengaruhi kesadaran kritis siswa SDN 2 Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, faktor internal siswa diantaranya dari segi karakter, perkembangan maupun kemampuan siswa sendiri. faktor eksternal siswa diantaranya dari latar belakang keluarga, kondisi lingkungan dan kegiatan maupun model dan media pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas. 3) penerapan pembelajaran Tematik berbasis HOTS ini sudah diterapkan sesuai dengan teori atau aturan yang ada di HOTS secara global mulai dari segi metode, soal-soal dan penerapan kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk membentuk kemampuan siswa untuk berfikir tingkat tinggi dan kritis siswa 4) Dampak diterapkanya HOTS dalam pembelajaran di SDN 2 Tonatan Ponorogo ialah siswa sudah mampu berfikir aktif, kritis dan kreatif dalam proses pembelajaran sehari-hari walaupun tidak semua siswa dan tetap harus ada pendampingan dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:33
Last Modified: 02 Dec 2020 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11936

Actions (login required)

View Item View Item