Media Pop-Up Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Ma'arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Ruliyah, Siti (2020) Media Pop-Up Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Ma'arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SITI RULIYAH_210616144.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ruliyah, Siti. 2020. Media Pop-up Untuk MeningkatkanPemahaman Siswa Kelas III SD Ma’arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020’’. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nurul Khasanah, M.Pd.

Kata Kunci: Media, Pop Up, Pemahaman
Penggunaan media buku pop-up dapat meningkatkan pemahaman materi Bahasa Inggris kelas III SD Ma’arif Ponorogo. Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’. Gerlach dan Ely mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh, pengetahuan, keterampilan, atau sikap.Dalam pengertian ini, guru, buku, teks dan lingkungan sekolah merupakan media.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi Bahasa Inggris dengan menggunakan media pop-upbagi siswa kelas III SD Ma’arif Ponorogo.
Data yang diperoleh peneliti dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi (kualitatif) dan hasil tes pemahaman. Menurut Zainal Arifin observasi adalah suatu proses pengamatan catatan secara sistematis, logis, objektif dan rasional mengenai berbagai fenomena, baik dalam situasi buatan untuk mencapai tujuan tertentu.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemahaman melalui media buku pop-up dapat meningkatkan pemahaman anak kelas III SD Ma’arif Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah nilai observasi pemahaman anak pada saat pra- siklus sebesar 88, presentase yang diperoleh pada pra-siklus sebesar 25,14 %. Pada siklus I diperoleh nilai sebesar 174 kenaikan dari pra-siklus ke siklus I sebesar 86, presentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 25, 14 % kenaikannya mencapai 9,66
%.
Nilai observasi dari siklus I ke siklus II, dengan jumlah nilai observasi siklus I sebesar 174 dengan jumlah presentase sebanyak 34,8 %, dan presentase siklus II mencapai 53,1 % , presentase jumlah kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,3
%. Untuk perbandingan nilai evaluasi dari siklus I ke siklus II, nilai dari siklus I sebesar 2511 dan siklus II mencapai 2700 artinya dari siklus I ke siklus II mencapai kenaikan 189. Rata-rata nilai dari siklus I ke siklus II diperoleh siklus I sebesar 71,4
% dan siklus II sebesar 100 %, kenaikan rata-rata mencapai 28,6 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurul Khasanah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:07
Last Modified: 02 Dec 2020 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item