Analisis efektivitas metode fundraising badan amil zakat nasional kabupaten ponorogo.

Wuryanti, Anis (2020) Analisis efektivitas metode fundraising badan amil zakat nasional kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
edit a5 new.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wuryanti, Anis. 2020. Analisis Efektivitas Metode Fundraising Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf.
Pembimbing Moh. Faizin, M.S.E.
Kata kunci: Efektivitas, Metode Fundraising, BAZNAS Ponorogo.

Potensi zakat di Indonesia mencapai Rp 233,8 triliun. Potensi tersebut berasal dari Zakat, Infak dan sedekah. Zakat terdiri dari maal dan fitrah. Maal memiliki banyak cabang namun BAZNAS Kabupaten Ponorogo lebih memusatkan penggalangan dana pada zakat profesi ASN saja. Masih banyak cabang harta orang muslim yang wajib dizakati selain zakat profesi atau penghasilan, sehingga memusatan zakat pada satu bidang akan mempersempit penggalian potensi zakat di Ponorogo.
Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis efektivitas metode fundraising yang diterapkan BAZNAS Kabupaten Ponorogo dalam mengoptimalkan potensi zakat di Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi lapangan.
BAZNAS Kabupaten Ponorogo menggunakan metode direct fundraising dan indirect fundraising. Pelaksanaan metode direct fundraising diupayakan dengan beberapa layanan, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Metode indirect fundraising diupayakan dengan mengaktifkan sosial media, bekerja sama dengan komunitas peduli sosial, meningkatkan citra baik lembaga dengan meningkatkan ketepatan pentasyarufan zakat.Pelaksanaan fundraising BAZNAS Kabupaten Ponorogo terbilang efektif dalam penggalangan dana zakat, infak dan sedekah sektor profesi ASN (Aparatur Sipil Negara), hal ini didorong dengan semangat para amil dan peraturan bupati yang diterbitkan pada tahun 2018. Dibuktikan dengan peningkatan jumlah muzakki, munfik dan dana ZIS yang masuk ke BAZNAS Kabupaten Ponorogo. Kendala yang terjadi selama pelaksanaan fundraising adalah kurangnya kesadaran membayar zakat, belum ada sanksi tegas bagi ASN yang tidak membayar zakat sehingga kesadaran pribadi menjadi sangat penting, minimnya SDM (Sumber Daya Manusia).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:49
Last Modified: 02 Dec 2020 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item