Strategi Manajemen Fundraising Wakaf Pada Yayasan Al Ikhlas Ponorogo

Munawaroh, Ulfah (2020) Strategi Manajemen Fundraising Wakaf Pada Yayasan Al Ikhlas Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses ulfa 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Munawaroh, Ulfah. Strategi manajemen fundraising wakaf pada Yayasan Al Ikhlas Ponorogo.

Kata kunci: Fundraising, wakaf yayasan.
Fundraising menjadi suatu hal yang urgen dalam sebuh lembaga terutama bagi sebuah yayasan sosial maupun pondok pesantren. Menurut teori, fundraising diartikan sebagai kerangka konsep tentang suatu kegiatan dalam rangka menggalang dana dan daya lainnya dari masyarakat yang akan digunakan untuk membiayai program kegiatan operasional lembaga sehingga mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi menghimpun dana wakaf yang dilakukan Yayasan Al Ikhlas Ponorogo dan untuk mengetahui dampak manajemen fundraising terhadap pengembangan aset wakaf yang dilakukan Yayasan Al Ikhlas Ponorogo. Dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang melakukan pengamatan terkait sumber data yang ada dilapangan yaitu mengenai strategi penghimpunan dana wakaf yang dilakukan oleh Yayasan Al Ikhlas Ponorogo dan dampak manajemen fundraising pengembangan yayasan.
Dalam melakukan strategi fundraising wakaf Yayasan Al Ikhlas Ponorogo telah menerapkan unsur-unsur fundraising sebagaimana teori Michael Norton seperti halnya, analisis kebutuhan, profil donatur, produk, promosi. Selain itu Yayasan Al Ikhlas Ponorogo telah menerapkan prinsip-prinsip fundraising seperti meminta, berhubungan dengan orang lain, kepercayaan, menjual, ucapan terimakasih dan pertanggung jawaban. Fundraising aset pada Yayasan Al Ikhlas memberikan dampak positif yang cukup besar dalam mencapai kemandirian yayasan dan meningkatkan citra baik pada Yayasan Al Ikhlas Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:55
Last Modified: 02 Dec 2020 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item View Item