Islam Sebagai Pandangan Hidup (Studi Pemikiran Hamka Dalam Buku Falsafah Hidup)

Aini, Atikah Nur' (2020) Islam Sebagai Pandangan Hidup (Studi Pemikiran Hamka Dalam Buku Falsafah Hidup). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316238_ATIKAH NUR'AINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aini, Atikah Nur'. 2020. Islam Sebagai Pandangan Hidup (Studi Pemikiran Hamka Dalam Buku Falsafah Hidup). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Hawwin Muzzaki, M.Pd.I.

Kata Kunci: Islam, Pandangan Hidup, Menurut Hamka, Buku Falsafah Hidup
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuat kehidupan manusia lebih sempurna dalam menguasai, mengolah, dan mengelola alam untuk kepentingan dan kesejahteraan hidupnya. Akan tetapi, dari dimensi yang lain, sisi-sisi gelap juga turut menyertai problema sains ini adalah ketika ilmu pengetahuan modern meyakini bahwa hakikat kenyataan adalah empirik semata atau bersifat kebendaan semata (materi), dan mulai meragukan eksistensi hal-hal di luar jangkauannya sehingga ia menolak adanya hal-hal yang bersifat ketidakbendaan. Dari persoalan itulah peneliti ingin menggali pandangan hidup yang sesuai dengan ajaran Islam dalam buku Falsafah Hidup karya Hamka. Sebab itu, perlu setiap individu dan semua golongan memiliki pedoman hidup, apalagi pandangan hidupnya berlandaskan pada Allah Swt. Landasan yang didasari keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt akan menghantarkan pada nilai-nilai kebajikan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Islam sebagai pandangan hidup (studi pemikiran Hamka dalam buku falsafah hidup), (2) Mendeskripsikan tentang relevansi Islam sebagai pandangan hidup dalam kehidupan modern.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi tokoh, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau sering disebut library research. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan yaitu dengan mengkaji tentang Islam sebagai pandangan hidup, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi atau content analysis
Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: (1) Islam sebagai pandangan hidup (studi pemikiran Hamka dalam buku falsafah hidup, yaitu a) syariat berupa peraturan dari Allah SWT dalam membimbing manusia untuk mencapai keselamatan hidup di dunia dan akhirat berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah, b) akal, dengan akal manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk kemudian disesuaikan dengan aturan syariat, c) takwa yaitu memelihara baik itu hubungannya dengan Allah, sesama manusia, lingkungan hidup maupun diri sendiri. (2) relevansi Islam sebagai pandangan hidup menurut Hamka dalam kehidupan modern, yaitu a) hasil dari perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi harus bersentuhan dengan syari’at Islam dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai ilahiyah, b) Mengoptimalkan potensi akal dan hati untuk memahami fenomena alam semesta, sehingga ia akan menemukan berbagai temuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, juga akan membawa dirinya dekat dengan Allah. c) pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dibarengi dengan kekuatan iman dan takwa kepada Allah Swt dalam rangka menunjukkan kebesaran, kekuasaan, dan keagungan Allah yang menciptakannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hawwin Muzzaki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:01
Last Modified: 02 Dec 2020 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11916

Actions (login required)

View Item View Item