Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo

Ihsan, Abdul Mu'iz (2020) Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ABDUL MU'IZ IHSAN 211616006 etheses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ihsan, Abdul Mu’iz. 2020. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat Di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Ely Masykuroh, M.SI.
Kata Kunci : Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Pendapatan, Keputusan
Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga. Fenomena akan besarnya kesenjangan antara potensi zakat mal dengan jumlah zakat yang benar-benar ditunaikan oleh wajib zakat merupakan konsekwensi dari berbagai faktor. Penyebab tidak signifikannya realiasi zakat dengan potensi zakat yang ada, yaitu : rendahnya pemahaman dan kesadaran umat islam tentang kewajiban membayar zakat, rendahnya minat membayar zakat pada lembaga zakat karena lebih senang menyetorkan zakatnya langsung kepada mereka yang berhak, dan enggan membayar zakat pada lembaga zakat disebabkan karena mereka tidak merasakan langsung kesenangan dan manfaatnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan Muzaki dalam membayar zakat di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo, 2) Faktor apa yang paling dominan mempengaruhi keputusan Muzaki dalam membayar zakat di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Peneliti mengangkat sampel sebanyak 100 Muzaki dari populasi 2.339 Muzaki yang membayar zakat di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo dengan menggunakan teknik probability sampling dan metode yang digunakan untuk penarikan sampel yaitu simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, pengujian deskripsi dan pengujian hipotesis dengan analisis faktor.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat 8 faktor yang mempengaruhi keputusan Muzaki dalam membayar zakat di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo yaitu faktor religiusitas, faktor citra lembaga, faktor kulitas pelayanan, faktor pendapatan, faktor peribadatan, faktor kehandalan dan daya tanggap, faktor pekerjaan atau jabatan, dan faktor empati. 2) terdapat faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan Muzaki dalam membayar zakat di LAZNAS Yatim Mandiri Ponorogo yaitu faktor religiusitas . Karena dalam faktor ini terdiri dari 6 variabel dan memiliki Nilai Eigenvalue tertinggi yaitu sebesar 4,669.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:06
Last Modified: 02 Dec 2020 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item