Analisis Character dalam Pembiayaan KUR Mikro iB di Bank BRI Syariah KC. Kediri

Prasetyo, Tegar Oktavian (2020) Analisis Character dalam Pembiayaan KUR Mikro iB di Bank BRI Syariah KC. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TEGAR OP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Oktavian Prasetyo, Tegar. 2020. “Analisis 1C Character dalam Pembiayaan KUR Mikro iB di BRI Syariah KC. Kediri.” Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ridho Rokamah, S.Ag, M.S.I.
Kata Kunci: Prinsip 5C, pembiayaan Mikro KUR iB.
Di BRIS KC Kediri, salah satu Task Force menyampaikan, bahwa di tingkat pembiayaan bermasalah cukup tinggi dimana sebagian besar yang bermasalah adalah pembiayaan mikro, penyebab utamanya ialah nasabah gagal bayar atau karakter buruk. Padahal sebelum melakukan pembiayaan Mikro Account Officer selalu melakukan analisis dalam menilai kelayakan calon nasabah, yakni dengan menilai tiga aspek character, capacity, dan capital. Kendati demikian masalah utama justru karena karakter buruk dari nasabah yang mengakibatkan pembiayaan macet.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana analisis pembiayaan dalam menilai kelayakan calon nasabah dalam pembiayaan Mikro kur ib. kemudian untuk melihat mengapa BRIS KC. Kediri menekankan penilaian pada Character. Dan untuk melihat dampak dampak penilaian Character terhadap Efektifitas pembiayaan mikro.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan, dalam melakukan analisis kelayakan BRIS KC. Kediri hanya menerapkan tiga prinsip yakni character, capacity, dan capital. Penilaian kelayakan nasabah menitik beratkan pada character calon nasabah karena platform pembiayaan mikro yang relative kecil sehingga jaminan tidak begitu diperhitungkan. Penilaian character yang baik berdampak pada efektifitas pembiayaan dimana penilaian yang salah pada character dapat menimbulkan kemacetan.
Peningkatan kualitas sumberdaya manusia penting seperti memberi pelatihan terlebih dahulu terhadap AO dan AOM terkaitpemasaran dan analisis kelayakan agar tidak terjadi pembiaytaan bermasalah. Meng update pengetahuan lain seperti psikologi untuk bisa menambah metode dalam menilai baik buruk watak calon nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:39
Last Modified: 02 Dec 2020 03:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item