PENERAPAN JAMINAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PADA UD. MEKARSARI PONOROGO DALAM PERSPEKTIF ISLAM

ANAM, KHOIRUL (2020) PENERAPAN JAMINAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PADA UD. MEKARSARI PONOROGO DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anam, Khoirul. Penerapan Jaminan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada UD. Mekarsari Ponorogo Dalam Perspektif Islam. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag
Kata Kunci: Penerapan Jaminan K3, UD. Mekarsari, Ponorogo.
Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sebagai akibat penggunaan teknologi pasti ada. Penyebab kecelakaan kerja terbesar adalah faktor manusia, yaitu kurangnya kesadaran pengusaha dan tenaga kerja sendiri terutama dalam melaksanakan berbagai peraturan perundang-undangan untuk melindungi sumber daya manusianya. Hal ini dimaksudkan agar sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan mampu memberikan kontribusi yang optimal dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis jaminan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan yang telah diterapkan pada UD. Mekarsari Ponorogo dalam kajian UU Undang-undang keselamatan kerja dan perspektif Maqashid Syariah. Peenelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kajian pustaka dan wawancara dengan sumber pemilik perusahaan dan pegawainya.
Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa kebijakan untuk jaminan K3 bagi pekerja telah diterapkan pada UD. Mekarsari Ponorogo sejak awal perusahaan berdiri. Hal tersebut didorong dengan azaz kekeluargaan yang dibina oleh pemilik perusahaan terhadap seluruh pegawainya yang masih memiliki hubungan kekerabatan. Dalam perkembangannya UD. Mekarsari lebih intensif dalam mempedulikan perlindungan K3 terhadap pegawainya karena telah mendapat pembekalan sosialisasi hukum dan pelatihan keselamatan kerja dari Pemerintah. Dalam pendekatan sistem manajemen penjaminan K3 yang telah diterapkan pada UD. Mekarsari telah sesuai dengan maqashid Syari’ah dengan berbasis kepada maqashid al-khamsah, yaitu menjaga perlindungan terhadap kebutuhan pekerja terhadap agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Hal tersebut digambarkan dengan kebijakan perusahaan untuk tetap menjaga perlindungan keselamatan pekerja baik dunia maupun akhiratnya dengan memelihara azaz kekeluargaan pada setiap aturan dan kebijakan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:18
Last Modified: 02 Dec 2020 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item