Upaya Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sains Anak Usia Dini Melalui Pencampuran Warna (Studi Kasus Di RA Al-Iman Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun)

Rista, Saputri (2020) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sains Anak Usia Dini Melalui Pencampuran Warna (Studi Kasus Di RA Al-Iman Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211116037 RISTA SAPUTRI (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
SAPUTRI RISTA. 2020. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sains Anak Usia Dini Melalui Pencampuran Warna di RA AL-IMAN Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Pembimbing (I)Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci : Sikap Sains, Pencampuran Warna, Anak Usia Dini
Guru memberikan rangsangan rasa ingin tahu anak-anak dan memberi kemungkinan agar meraka mampu memecahkan masalah-masalah secara aktif. Sains sangat penting bagi anak usia dini sehingga dijelaskan bawasannya sikap sains anak usia dini mampu memiliki rasa ingin tahu yang lebih mendalam tentang sains. Seperti hal di RA Al-IMAN kegiatan penerepan sikap sains masih jarang digunakan untuk kegiatan pembelajaran hal tersebut terlihat ketika mendapatkan tugas dari guru peserta didik kurang memahami dalam berfikir dan merespons pembelajarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kegiatan pencampuran warna apa saja dalam mengembangkan kemampuan informasi sikap sains anak usia dini di RA Al-Iman Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, (2) mendeskripaikan bagaimana kemampuan anak memahami sikap sains anak usia dini di RA AL-Iman Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.
Adapun data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan dokumen, sedangkan sumber datanya yaitu informan dari kepala sekolah dan guru kelas, sumber data tertulis dalam bentuk dokumen dan buku. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara pengamatan dan dokumentasi. Adapun teknik Miles dan Hurbermn yakni meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di RA AL-Iman Desa Nglandung Kecamatan Geger Kabupaten Madiun ditemukan: (1) kegiatan pencampuran warna dalam mengembangkan kemampuan informasi sikap sains anak usia dini diwujudkan dalam bentuk RPPH yang terdiri dari tujuan, tema, dan media pembelajaran, (2) kemampuan anak memahami sikap sains anak usia dini dengan memahami teori-teori, melakukan percobaan atau pratek secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:55
Last Modified: 02 Dec 2020 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11896

Actions (login required)

View Item View Item