(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI) Pengaruh penggunaan Media Batang Napier terhadap Pemahaman Konsep Perkalian bagi Siswa Kelas IV Tahun Ajaran 2019/2020

Lutfiatul Khasanah, Lutfiatul Khasanah (2020) (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI) Pengaruh penggunaan Media Batang Napier terhadap Pemahaman Konsep Perkalian bagi Siswa Kelas IV Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi LUTFIATUL KHASANAH_210616076.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Lutfi,2020. Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas IV di SDIT Al-Hikmah Pulung Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik M.Pd,.
Kata Kunci :Pemahaman Konsep Perkalian, Pembelajaran Matematika, dan Media Batang Napier.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu rendahnya intensitas pemahaman siswa terhadap suatu materi dan keaktifan siswa sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal dalam pelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran fenomena ini akan berdampak pada hasil belajar matematika menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media Batang Napier. Dimana penelitian ini akan membuat siswa lebih fokus dan kreatif dalam memahami materi khususnya perkalian bilangan.
Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media Batang Napier terhadap pemahaman konsep perkalian siswa kelas IV SDIT Al-Hikmah Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang menggunkan media Batang Napier dan pembelajaran konvensional siswa pada hasil belajar matematika siswa kelas IV SDIT Al-Hikmah Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020,(3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Batang Napier terhadap pemahamn konsep perkalian siswa kelas IV SDIT Al-Hikmah Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Jenis penelitian eksperimen, yaitu Eksperimen semu (Quasi Eksperimen), serta menggunakan instrumen pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes.Dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperkuat data penelitian yang berupa data nilai siswa, gambar atau foto yang menggambarkan kegiatan penelitian, serta arsip-arsip mengenai SDIT Al-Hikmah Pulung Ponorogo. Sedangkan tes untuk mengetahui hasil belajar pemahaman konsep perkalian setelah mendapatkan perlakuan
Berdasarkan hasil penelitian dan pemahasan analisis data dengan menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung 5,240> ttabel 1,677 dengan sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 (taraf signifikan 5%). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media Batang Napier terhadap pemahamn konsep perkalian siswa kelas IV SDIT Al-Hikmah Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:48
Last Modified: 02 Dec 2020 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item